Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Performa Toyota C+Pod, Punya Tenaga Cukup Buat Keliling Kota

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Indonesia beberapa waktu lalu membuat program Smart EV Mobility di Nusa Dua Bali. Tersedia 30 mobil listrik yang bisa disewa para turis, salah satunya yaitu Toyota C+Pod.

Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk mereview satu uni C+Pod di Sunter, Jakarta Utara. Secara umum, mobil listrik ini cukup mungil dimensinya, di kabinnya hanya bisa memuat dua orang.

Untuk performanya, C+Pod dilengkapi dengan baterai Lithium-ion dengan kapasitas 9,06 kW. Kemudian baterai tersebut disambung ke motor listrik dengan tipe 1RM.

Tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut sebesar 9,2 kW atau setara 12,3 TK dan torsi 56 Nm. Perlu diingat, sebuah mobil listrik langsung mendapatkan torsi maksimal ketika diinjak pedal gasnya, atau biasa dikenal dengan instant torque.

Untuk jarak tempuh dari C+Pod, dari posisi baterai penuh bisa menempuh sampai 150 km. Jarak tempuh yang lumayan jauh ini diperkirakan cukup jika digunakan untuk keliling di dalam kota.

Kemudian untuk mengisi dayanya, bisa memakan waktu 5 jam jika dihubungkan ke sambungan listrik 200V/16A. Sedangkan jika disambung ke listrik 100V/6A, mengisi dayanya sampai penuh butuh waktu 16 jam.

Untuk kaki-kakinya, bagian depan menggunakan coil spring suspension, begitu juga di bagian belakang namun menggunakan model torsion beam. Untuk pengereman, di bagian depan sudah memakai cakram sedangkan di belakang masih tromol.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/16/102200815/performa-toyota-c-pod-punya-tenaga-cukup-buat-keliling-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke