Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Drag Race Truk, Biar Tidak Kebut-kebutan di Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, di Yogyakarta digelar ajang balap trek lurus alias drag race. Uniknya, salah satu kelasnya dikhususkan bagi truk.

Truk yang ikutan juga truk pengangkut yang biasa ditemui di jalan, seperti truk pasir atau truk pengangkut barang. Para supir truk ini sangat semangat mengikuti balapan.

Drag race truk ini dibuka oleh Venture Sport Club (VSC) Yogyakarta dalam ajang New Normal VSC Drag Race Open Championship 2021 yang digelar di Sirkuit Lanur Gading Wonosari Gunungkidul, Sabtu (12/6/2021) lalu.

Ketua VSC Yogyakarta Najib M. Saleh, mengatakan, ajang balap ini kabarnya belum pernah ada di Indonesia, jadi baru pertama ini.

"Jadi, memang di jalan kan kadang-kadang kita lihat teman-teman truk ini juga suka kencang-kencang. Kadang-kadang ugal-ugalan juga," ujar Najib, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Najib mengatakan, jika punya hobi balap itu sebaiknya disalurkan di trek yang benar, jangan di jalan. Tapi, karena tidak ada kelasnya, mungkin sekarang eksibisi dulu.

"Sebab, drag bike juga kan dimulainya dari balapan liar. Kita arahkan untuk balapan di sirkuit yang benar, baru kita kasih aturan-aturan dari IMI," kata Najib.

Untuk sekarang ini, drag race untuk truk belum ada regulasinya dari IMI. Maka itu, VSC Yogyakarta membuat kelas FFA (Free For All) khusus truk.

"Mungkin banyak yang suka balap, tapi akhirnya jadi supir. Akhirnya, pelampiasannya kan di jalan. Kalau memang jagoan, ya ayo di lintasan yang benar. Percuma jago di jalanan," ujar Najib.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/15/142100915/drag-race-truk-biar-tidak-kebut-kebutan-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke