Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Strategi Kemenhub Turunkan Emisi di Sektor Transportasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan strategi untuk menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca di sektor transportasi.

Untuk mengurangi dampak pemanasan global, ada tiga upaya pendekatan yang dilakukan, yakni melalui pencegahan (avoid), pergeseran (shift), dan peningkatan (improve).

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI, mengatakan, pendekatan pertama, yaitu pencegahan (avoid), dilakukan melalui pengembangan kawasan Transit Oriented Development (TOD) di wilayah perkotaan.

Konsep ini akan menciptakan ekosistem transportasi massal transit yang terintegrasi, dan dapat menumbuhkan komunitas pejalan kaki dan pesepeda, sehingga mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk menjalani hidup lebih sehat.

Selanjutnya pendekatan kedua yaitu pergeseran (shift), yang dilakukan dengan cara mengoptimalkan kapasitas dan kualitas layanan transporasi umum perkotaan.

Misalnya dengan memberikan subsidi transportasi massal perkotaan melalui skema buy the services di sektor transportasi jalan.

Adapun pendekatan yang ketiga yaitu pendekatan peningkatan (improve), pendekatan ini dilakukan melalui pemanfaatan teknologi untuk mendukung peningkatan kinerja transportasi.

Contohnya dengan penggunaan kendaraan pribadi maupun angkutan massal berbahan bakar non fosil seperti; kendaraan listrik berbasis baterai, teknologi surya, dan bahan bakar nabati.

“Pemanfaatan kendaraan listrik menjadi salah satu implementasi kebijakan upaya penurunan emisi yang telah menjadi kebijakan nasional,” ujar Budi Karya, dalam keterangan tertulis (14/6/2021).

“Kami sudah memulai dengan menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas,” kata dia.

Seperti diketahui, sampai akhir April 2021, Kemenhub telah menggunakan 26 unit kendaraan listrik dan 43 unit lagi akan dipesan secara berkala untuk para pejabat di kantor pusat, dan jumlahnya akan terus bertambah.

Menhub berharap, langkah ini dapat diikuti oleh Kementerian dan Lembaga lainnya untuk turut berkontribusi mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Namun demikian, kami juga berharap kehadiran kendaran listrik ini dapat diikuti dengan pembangunan energi pembangkit listrik yang lebih bersih, sehingga tidak mengalihkan emisi dari transportasi ke sektor pembangkit listrik,” ucap Budi Karya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/15/114200015/strategi-kemenhub-turunkan-emisi-di-sektor-transportasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke