Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sean Gelael dan Tim JOTA Berjuang Maksimal di FIA WEC Portimao

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjuangan tim JOTA #28 yang diisi oleh Sean Gelael, Stoffel Vandoorne, dan Tom Blomqvist, sudah maksimal. Namun, sayangnya belum membuahkan hasil yang positif.

Layaknya layout Sirkuit Portimao yang seperti roller-coaster, perjalanan JOTA #28 pada putaran kedua FIA World Endurance Championship (WEC) 2021 ini juga seperti itu pada Minggu (13/6).

Sean dan timnya sempat menaruh harapan tinggi karena start dari P1 kelas LMP2. Namun, harapan tersebut sirna ketika balapan baru berjalan hingga tiga tikungan.

Blomqvist yang melakukan start terjepit oleh Giedo Van Der Garde (Racing Team Netherland) dan bahkan disundul hingga melintir oleh Antonio Felix da Costa (JOTA #38).

Posisi Blomqvist pun melorot ke paling belakang dari semua mobil. Pelan tapi pasti dia sanggup menyusul, sampai ada di posisi keenam sebelum kemudi beralih ke Sean.

Sean juga berhasil menjaga harapan JOTA setelah menaikkan posisinya ke P4. Dengan gaya balapnya yang steady, Sean lama berada di posisi tersebut.

Vandoorne kemudian mengambil alih kendali. Dengan bantuan beragam kondisi yang ada di trek, pebalap Belgia itu sempat membubungkan kembali asa tim JOTA #28 untuk menang.

Vandoorne menempatkan diri di P1 dan itu dipertahankan terus hingga kemudi kembali pindah ke Blomqvist. Dengan jarak yang tergolong aman dari posisi dua, 5 hingga 10 detik, JOTA #28 seperti bakal meraih kemenangan pertama di WEC musim ini.

P1 bertahan hingga pit stop terakhir, di mana dua mobil JOTA bertarung untuk menang. Tapi, motivasi dan dorongan kuat untuk menang di balapan kandang rupanya membuat Felix da Costa kesetanan di menit-menit akhir.

JOTA #38 yang dikendarainya mampu menyusul JOTA #28 yang digeber Tom ketika balapan menyisakan lima menit. Perjuangan JOTA #28 sekitar 475 menit, dari terpuruk lalu ke P1, hilang dalam lima menit setelahnya.

Posisi runner-up pun dengan berat hati mesti diterima Sean, Stoffel, dan Tom pada 8 Hours of Portimao di Portugal.

"Tentu kami kecewa dan sedih, tapi kami belum habis. Kami akan bangkit untuk tampil lebih baik pada seri berikut," kata Sean, dalam keterangan resminya.

Putaran ketiga FIA WEC 2021 akan digelar di Monza, Italia, pada 18 Juli.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/14/172159015/sean-gelael-dan-tim-jota-berjuang-maksimal-di-fia-wec-portimao

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke