Salin Artikel

6 Motor Sport Naked Jadul yang Masih Banyak Diminati

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan ini, tren sepeda motor tanpa fairing (naked) ala motor zaman dulu tengah melanda.

Selain memodifikasi motor masa kini menjadi motor jadul, efek dari tren tersebut adalah diburunya kembali motor-motor lawas yang masih dalam kondisi asli.

Seperti contohnya motor RX-King yang kini menjadi buruan para kolektor item dan tidak tanggung-tanggung banderol harganya pun kini sangat fantastis.

Tim Kompas.com telah merangkum beberapa daftar motor sport naked jadul yang hingga kini masih banyak diminati oleh konsumen, berikut daftarnya.

1. Honda CB 100

Honda CB 100 merupakan salah satu varian CB Series yang eksis pada tahun 1970-an hingga awal 1980-an.

Kehadirannya diawali dari varian CB 100 K0 yang menjadi tombak kesuksesan motor ikonik ini. Seri Honda CB ini memiliki dibekali dengan mesin 99cc 4 tak 1 silinder yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 11,5 Tk pada 10.500 rpm.

Pada saat itu seri Honda CB ini memiliki tenaga yang cukup besar dengan kecepatan maksimum mencapai 110 km/h.

Hingga saat ini CB lama masih laku di pasaran, tidak sedikit pecinta Honda CB100 menggunakan rangkanya untuk di custom atau bahkan tetap mempertahankan originalitasnya.

2. Yamaha RX-King

Motor yang identik dengan sebutan ‘motor jambret’ ini masih banyak peminatnya di Indonesia. Mengusung mesin 2-tak berkubikasi 135 cc, RX-King banyak dicari karena mesinnya yang dinilai tangguh.

Bahkan, banderolan RX-King lawas baru-baru ini sempat menghebohkan pasar sepeda motor bekas. Belum lama ini, pedagang jual beli motor lawas di Jakarta Utara Ahmad Arif, mengaku menjual RX-King SE 2003 dengan harga Rp 150 juta.

“Sekarang RX-King jadi barang buruan karena kebanyakan mereka punya memori dengan motor itu. Kalau dulu digunakan untuk aksi kejahatan, justru sekarang jadi incaran kejahatan. Ditinggal sedikit saja hati sudah was-was takut hilang atau dicuri,” ujar Ahmad Arif belum lama ini kepada Kompas.com.

3. Honda GL 100

Honda GL pertama kali muncul di ranah otomotif Tanah Air pada 1979. Motor ini hadir sebagai pendamping CB series.

Datang dengan 2 kapasitas mesin yang berbeda, 100 cc dan 125 cc. Mesin yang digunakan mirip dengan CB 100, karena masih pakai pengapian platina. Honda GL 100 juga mengusung mesin 4-tak yang sama seperti Honda CB 100.

Kendai demikian, baik Honda GL 100 maupun Honda CB 100 tetap memiliki pasarnya masing-masing.

4. Suzuki TS125

TS 125 merupakan motor sport naked jadul yang dikeluarkan oleh Suzuki Indomobil Series (SIS). Motor ini dibekali mesin 125 cc 2-tak yang dimulai produksi dan masuk tanah air pada tahun 1993.

Hingga akhirnya distop produksinya pada tahun 2005.

5. Yamaha RX-K

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebut RX-K merupakan salah satu motor lawas Yamaha yang kini juga banyak diburu.

Seperti RX-King, RX-K juga merupakan bagian dari keluarga RX Series. Berbeda dengan RX-King yang sudah dirakit di Indonesia, dulunya RX-K masih didatangkan secara utuh alias completly build up (CBU) dari Jepang.

6. Kawasaki Binter Merzy


Legendaris Kawasaki KZ200 atau yang biasa disebut Binter Merzy merupakan motor sport naked jadul dari Kawasaki yang pertama kali dikenalkan di pasar motor Indonesia pada tahun 1980.

Binter Merzy menggunakan mesin 4-tak berkubikasi 200 cc yang mampu menghasilkan 18 tk pada 8.000 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7,000 rpm.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/11/072200115/6-motor-sport-naked-jadul-yang-masih-banyak-diminati

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.