Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setir Mobil Terkunci, Begini Cara Membukanya

JAKARTA, KOMPA. com - Sebagian besar pengguna kendaraan roda empat tentu pernah merasakan setir tiba-tiba tidak dapat diputar  atau mengunci. Biasanya hal ini terjadi ketika mesin dalam keadaan mati dan kunci dicabut dari posisinya.

Banyak orang yang panik ketika mengalami hal tersebut, padahal biasanya hal tersebut terjadi karena tidak sengaja terputar atau dimainkan oleh anaknya pada saat parkir.

Menanggapi hal tersebut, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, hal itu merupakan salah satu sistem keamanan yang dimiliki oleh mobil.

"Itu sebenarnya fitur keamanan dari mobil sendiri, steering lock. Jadi kalau mesin mati dan kunci di cabut, setir akan mengunci," kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (8/6/2021).

Setelah mencabut kunci, setir mobil masih bisa diputar ke kiri atau ke kanan 50 sampai 60 derajat kemudian setir akan otomatis terkunci. Pemilik kendaraan diimbau untuk tidak panik saat mengalami kejadian ini.

"Tidak usah panik, itu cukup dimasukin kuncinya lagi, diputar sedikit sudah bisa kebuka lagi," ucap Didi.

Didi menjelaskan, memang ada posisi sulit dimana setir terkunci dalam keadaan mobil berbelok.

Namun masih ada sela sedikit untuk memutar setirnya dan itu digunakan untuk melepaskan kuci setir dengan cara memasukkan kunci.

Cara melepaskan steering lock saat posisi mobil dalam keadaan berbelok, Didi mengatakan untuk memutar setir searah dengan arah beloknya mobil.

Jika pada saat terkunci belok kanan, maka putar setir ke kanan sedikit untuk membuka steering lock begitu juga sebaliknya.

Lantas bagaimana steering lock pada mobil dengan teknologi key-less? apakah fitur keamanan juga ada di mobil dengan sistim key-less?

"Kalau mobil dengan sistim key-less itu sudah otomatis mengunci ketika mobil ditinggalkan, cara bukanya juga akan otomatis dibuka ketika pengemudi membuka kunci mobil dengan remot," ucap Didi.

Jika dengan memasukkan kunci setir mobil masih mengunci atau tidak bisa diputar, sebaiknya meminta tolong kepada orang yang lebih ahli atau memanggil bengkel untuk memperbaikinya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/08/174100315/setir-mobil-terkunci-begini-cara-membukanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke