Salin Artikel

7 Cara Anti-Blind Spot buat Pengendara Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dimensi sepeda motor yang relatif kecil sering kali membuatnya tidak terlihat oleh pengemudi kendaraan besar, semisal bus atau truk.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky mengatakan, hal tersebut terjadi karena motor dalam posisi blind spot sehingga tak terlihat pengemudi.

“Sering kali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara,” kata Lucky dalam rilis resmi, Selasa (8/6/2021).

Lucky mengatakan, blind spot merupakan titik buta kendaraan yang tidak bisa dijangkau oleh mata pengendara dan spion standar kendaraan.

“Semakin besar suatu kendaraan maka titik buta saat berkendaranya semakin luas. Selain memahami posisi blind spot suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan #cari_aman dalam berkendara sehingga meminimalisasi risiko kecelakaan," kata Lucky.

Untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan akibat titik buta tersebut, berikut tips untuk mengantisipasinya:

1. Pahami soal blind spot

Ketahui area blind spot kendaraan kita dan kendaraan lain dengan mengikuti pelatihan safety riding agar mampu memprediksi bahaya apa saja yang dapat terjadi ketika bekendara.

2. Menoleh ke kanan dan kiri

Pastikan area blind spot kita secara visual dengan melihat ke kanan atau ke kiri sebelum berubah arah atau lajur kendaraan.

Alternatif lainnya, dapat juga memasang spion tambahan untuk meminimalisasi area blind spot kita.

3. Fokus mata dan pendengaran

Fokus mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan kita terhadap lalu lintas jalan.

Untuk itu, hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara serta hindari menggunakan knalpot tidak standar karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan saat berkendara.

4. Posisi

Selalu memosisikan di area luar blind spot kendaraan lain agar terlihat oleh kendaraan lain.

5. Klakson

Bunyikan klakson atau lampu untuk melakukan konfirmasi kepada pengguna jalan lain bahwa apabila kita berada pada area blind spot dan segera keluar dari area blind spot tersebut.

6. Pakaian yang mencolok

Menggunakan pelengkapan berkendara yang terlihat, sehingga tidak mudah terabaikan oleh kendaraan lain.

7. Jarak aman

Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain saat berkendara.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/08/160100815/7-cara-anti-blind-spot-buat-pengendara-motor

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.