Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyakit Motor di Jalan Raya, Belok Sembarangan Potong Jalur

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisa mengendarai sepeda motor tidak jaminan bakal aman di jalan raya. Sebab keahlian berkendara juga mesti didukung dengan etika berkendara yang baik.

Salah satu penyakit pengendara motor ialah belok sesuka hati. Paling sering ialah belok memotong jalur orang lain atau kendaraan lain. Bahkan tak jarang tanpa memberikan lampu sein.

Seperti video yang diunggah akun Instagram, Dashcam Owners Indonesia, terlihat seorang pengendara motor belok dari kiri ke kanan dengan memotong jalur mobil.

Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani, mengatakan, meski terkesan remeh tapi tak sedikit pemotor yang kurang awas saat akan belok sehingga bisa meningkatkan risiko kecelakaan di jalan.

“Harus sabar ketika berkendara karena keselamatan yang utama. Jangan memaksakan agar tidak terjadi tabrakan atau menyerempet dengan kendaraan lain,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus mengatakan, trik dasar saat ingin belok seperti melihat spion, menoleh, dan mengecek kondisi belakang serta kanan-kiri, bukan hal yang bisa disepelekan.

Selain itu perhatikan jarak ketika imenyalakan sein, terlalu dekat atau malah terlalu jauh dari belokan. Karena membuat pengendara lain bingung da tidak nyaman.

"Sehingga pengendara di belakang kita dapat mengantisipasi situasi di depan, namun sebelum belok pastikan juga kita sudah mengurangi kecepatan jadi tidak mendadak belok," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/04/163100615/penyakit-motor-di-jalan-raya-belok-sembarangan-potong-jalur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke