Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda CB150R dan CBR150R Lama Bisa Ganti Upside Down Orisinal

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda sudah mengeluarkan generasi terbaru dari All New CB150R StreetFire dan All New CBR150R. Kedua motor sport 150 cc ini dibekali dengan suspensi depan upside down.

Sedangkan model sebelumnya, masih mengandalkan suspensi depan model teleskopik. Dengan menggunakan model upside down, ada beberapa keuntungan yang didapat.

Pertama, tampilannya jadi lebih menarik, lebih sporty, dan seperti big bike. Kedua, kemampuan meredam getaran lebih baik dan lebih stabil saat kecepatan tinggi dan mengerem.

Untuk generasi terbaru ini, ubahannya sebenarnya tak begitu banyak. Tapi, paling signifikan memang pada suspensi depannya yang sudah menggunakan suspensi upside down Showa tipe Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP).

Ternyata, bukan tak mungkin untuk mengubah suspensi depan CB150R dan CBR150R generasi lama menggunakan model upside down. Namun, memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Mohammad Fakhrudin As'ad, dari bengkel Muda Motor di bilangan Warujayeng, Nganjuk, Jawa Timur, mengatakan, penggantian yang dilakukan benar-benar suspensi depan satu set diganti.

"Tambahannya cuma sepatbor depan. Saya pakai punya CBR250RR," ujar Fakhrudin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sepatbor lama tidak bisa dipakai, karena dudukannya berbeda. Pakai sepatbor CB150R atau CBR150R yang baru juga bisa saja, tapi akan lebih sporty jika pakai CBR250RR punya.

"Komstirnya masih sama, hanya triple clamp atau segitiga atas dan bawah yang diganti. Dudukan rem juga masih sama, as roda juga sama," kata Fakhrudin.

Fakhrudin menambahkan, stopper pada segitiga perlu dilas sedikit. Jika tidak, suspensinya bisa mentok radiator saat setang dibelokkan.

"Untuk CB150R, mungkin sedikit berbeda pada segitiga atasnya, karena dia kan ada dudukan setangnya," ujar Fakhrudin.

Soal harga, Fakhrudin menyebutkan untuk suspensi depan satu set harganya mencapai Rp 6 juta. Tapi, jika ditambah sepatbor depan CBR250RR, harganya jadi Rp 6,35 juta. Ditambah dengan ongkos pasangnya Rp 200.000.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/04/150100315/honda-cb150r-dan-cbr150r-lama-bisa-ganti-upside-down-orisinal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke