Salin Artikel

Ingat Spion Motor Bukan Aksesori, Ini Soal Keselamatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Spion motor termasuk ke dalam kelengkapan sepeda motor. Sayangnya, banyak yang menganggap alat ini sebagai aksesori belaka.

Padahal, spion memilki fungsi yang sangat penting. Alat ini membantu pengendara berkendara lebih aman ketika akan pindah jalur.

Sayangnya, tak sedikit yang masih meremehkannya dengan melepas spion, menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil, atau melipatnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, spion berguna untuk memastikan area yang dilalui aman. Untuk itu, posisi spion harus ada di kanan dan kiri.

"Maka itu, spion punya fungsi penting dalam berkendara. Sayangnya, di lapangan banyak yang kurang sadar pentingnya spion," kata Agus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dengan mengganti spion menjadi lebih kecil ukurannya, maka akan semakin sulit dilihat. Sehingga, membuat area blindspot menjadi semakin besar. Motor pun memiliki area blindspot juga.

"Spion standar bawaan pabrik saja mempunyai keterbatasan pandangan karena tidak bisa menyajikan seluruh area bagian belakang. Sehingga pengendara perlu menengok ke bagian samping kanan atau kiri untuk melihat area blindspot," ujar Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/01/130100615/ingat-spion-motor-bukan-aksesori-ini-soal-keselamatan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.