Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akibat Banyak Gaya, Dua Pemotor Celaka Saat Cornering di Jalan Raya

Paling baru melibatkan dua biker yang sedang melakukan trek-trekan di kawasan Cibalong, Tasikmalaya. Kejadian ini viral setelah diunggah oleh akun instagram @warung_jurnalis.

Dalam rekaman tersebut, terlihat dua pengendara yang memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi serta melakukan cornering bak pebalap motor di jalan raya.

Sayangnya, salah satu pengendara tersebut kehilangan kendali hingga menyebabkan dirinya dan pengendara lain dibelakangnya terseret ke aspal.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, tidak jarang aksi menikung miring atau meniru pebalap di sirkuit ini banyak pengendara lain yang menjadi korban.

Masalahnya, banyak aksi cornering yang dilakukan para bikers itu asal, tidak paham cara yang benar. Kondisi ini yang justru berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan.

“Cornering itu bukan hal yang sembarangan. Ini harus diawasi oleh orang yang profesional karena ada trik khusus, dan cara yang aman dilakukan saat ingin cornering,” ujar Agus.

Perlu dipahami, ketika melakukan cornering harus menggunakan safety line bukan racing line. Kemudian kurangi kecepatan sampai dengan kecepatan aman sebelum melakukan cornering, dan tidak disarankan mengoperasikan kopling dan rem.

“Tentunya hal ini tidak dilakukan di jalan raya, tapi di sirkuit,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/01/082200915/akibat-banyak-gaya-dua-pemotor-celaka-saat-cornering-di-jalan-raya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke