Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Motor Kloningan Asal China, Ducati Panigale Ada Versi Palsunya

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa sepeda motor memang ada yang memiliki tampilan mirip dengan motor lainnya. Tapi, ada juga yang membuatnya sangat mirip alias kloningan.

Kebanyakan motor kloningan ini berasal dari pabrikan China. Tipenya juga bermacam-macam, mulai dari skutik hingga motor sport dengan kapasitas mesin yang besar atau motor gede (moge).

Berikut ini ada 9 motor kloningan asal China yang muncul dalam satu tahun belakangan ini:

Di Vietnam, Moto S450RR dibanderol 50 juta Dong atau sekitar Rp 32,2 jutaan.

Motor sport ini menggunakan mesin berkapasitas 500 cc yang diklaim memiliki tenaga maksimum sekitar 50 tk. Motor ini di Vietnam dijual sekitar 45 juta dong atau sekitar Rp 28,6 jutaan.

Skutik ini dibekali mesin SOHC, 2-klep, silinder tunggal, dan berkapasitas 149 cc. Dari segi tampilan, kedua skutik ini memang mirip, karena sama-sama berada di segmen adventure.

Motor sport full fairing ini dibanderol 90 juta dong Vietnam atau sekitar Rp 55 jutaan.

Skutik ini disebut sangat laris, karena dijual dengan harga 10 juta dong Vietnam atau sekitar Rp 6,2 jutaan.

Namun, berbeda dengan Himalayan yang dibekali mesin 411 cc. Hanway G30 hanya berkapasitas 249,2 cc. Motor ini dibanderol 10.908 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 38 jutaan.

7. Moxiao 500RR kloningan Ducati Panigale 959

Bernama Moxiao 500RR, kapasitas mesin yang digunakan setengahnya dari Panigale 959. Mesinnya hanya berkapasitas 471 cc dengan 2-silinder segaris.

Meskipun tidak sama persis, tapi ada beberapa bagian yang sangat jelas terinspirasi dari Superveloce. Kapasitas mesin yang digunakan juga tak jauh beda.

Salah satunya adalah Zongshen Cyclone RG3. Namun, motor ini tidak mengikuti sepenuhnya, melainkan dibuat menjadi motor bergaya sport touring. Perbedaannya ada pada setang dan windshield.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi motor-motor lainnya yang memiliki kloningan atau tampilan yang sangat mirip dengan motor-motor pabrikan China.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/30/082100615/9-motor-kloningan-asal-china-ducati-panigale-ada-versi-palsunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke