Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek 7 Komponen Motor ini Sendiri di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Punya sepeda motor yang sehat dengan performa terjaga bukan hal yang instan. Pemilik mesti rajin merawat dengan melakukan servis berkala.

Namun sebelum itu pemilik juga dianjurkan untuk rajin mengecek beberapa komponen sendiri. Pengecekan merupakan pencegahan dini jika ada hal di luar yang tidak semestinya.

Riyadi Prihartono, Manager Service CS Divion PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, mengecek sejumlah komponen dapat dilakukan sendiri di rumah.

"Kami akan berbagi tips perawatan motor sehari-hari di rumah dan juga dapat memanfaatkan fasilitas Service Kunjung Yamaha (SKY),” katanya dalam rilis resmi, Kamis (27/5/2021).

Riyadi mengatakan, untuk pemeriksaan sejumlah bagian penting motor dapat dilihat juga pada buku petunjuk pemilik melalui aplikasi My Yamaha Motor.

Perawatan motor sehari-hari yang dapat dilakukan sendiri, seperti :

1. Aki

Memastikan aki dalam kondisi baik dengan cara cek fungsi sistem kelistrikan, cek starter , klakson, dan lampu-lampu.

2. Level Oli

Mengecek level ketinggian oli mesin apakah masih dalam batas normal dengan cara membuka tutup oli dan cek level ketinggian pada stick oli. Biasakan untuk mengganti oli mesin setiap 3.000 Km.

3. Rembes

Mengecek kebocoran oli dengan melihat apakah ada tetesan oli atau rembesan oli di sekitar bagian mesin, serta cek suspensi depan dan belakang jika ada rembesan oli.

4. Rem

Memeriksa sistem pengereman untuk menjaga performa rem tetap optimal dengan dua cara. Pertama memeriksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem. Kedua memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem.

5. Ban

Mengecek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal. Tekanan ban normal ban depan yaitu 255 kPa/33 psi dan ban belakang 250 kPa/36 psi

6. Bersih

Menjaga kebersihan motor dengan mencuci motor, untuk mencegah karat pada bodi motor dan bagian lainnya.

7. Panaskan motor

Menghidupkan motor yang tidak terpakai agar mesin terlumasi dan kondisi aki terjaga.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/27/182100515/cek-7-komponen-motor-ini-sendiri-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke