Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Cuma Tertimpa, Ada Risiko Lain Parkir di Bawah Pohon

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sebentar lagi Indonesia akan memasuki musim kemarau, hujan masih mengguyur di beberapa daerah. Akibatnya, risiko pohon tumbang masih menghantui sebagian orang.

Belum lama ini terjadi pohon tumbang menimpa satu unit mobil di dekat Pasar Impres Cipete, Jalan Raya Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (24/5/2021).

Dilansir dari cuitan akun Twitter resmi milik Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro, peristiwa pohon tumbang ini membuat lalu lintas di Jalan Antasari arah Cilandak menjadi padat. Beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

Menanggapi peristiwa tersebut, parkir kendaraan di bawah pohon memang memiliki beberapa risiko yang bisa membahayakan.

Meski pohon membuat teduh sehingga kendaraan yang diparkir tidak kepanasan, risiko tertimpa batang pohon yang tumbang selalu ada.

Selain batang atau dahan, jika pohon tersebut menghasilkan buah dengan ukuran yang relatif besar, kejatuhan buah pun bisa berisiko membuat bodi mobil penyok.

Bukan hanya risiko kejatuhan pohon tumbang ataupun buah, Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak menjelaskan bahwa bodi mobil yang terkena getah dari pohon bisa merusak cat mobil.

“Beberapa jenis pohon memiliki getah yang sangat jahat, getah bisa masuk sampai ke pori-pori dan sulit dibersihkan meski sudah dipoles,” kata Suparna saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Yang terakhir, pohon besar umumnya menjadi tempat burung untuk bersarang. Kotoran burung yang jatuh mengenai bodi mobil juga bisa merusak cat mobil jika tidak segera dibersihkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/25/092200415/bukan-cuma-tertimpa-ada-risiko-lain-parkir-di-bawah-pohon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke