Salin Artikel

Bukan Hanya Sekadar Aksesori, Ini Fungsi Penting Talang Air Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Door visor atau biasa dikenal dengan talang air merupakan aksesori yang memiliki fungsi penting di mobil, terkhusus saat musim hujan. Tapi, tak semua pemilik memahaminya sehingga cenderung abai.

Dikatakan Dealer Technical Support Dept PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, selain membuat tampilan mobil jadi menarik talang air juga mampu mengurangi potensi korsleting.

Sebab, alat ini mencegah air masuk ke dalam mobil sehingga beragam tombol elektrik seperti panel yang menempel pada door trim terjaga secara baik.

“Selain itu talang air memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air saat hujan saat membuka jendela mobil," katanya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

"Jadi, air dari atap dibuang kedepan dan kebelakang supaya tidak menguyur kaca bagian samping,” lanjut Didi.

Pernyataan serupa diberikan Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana. Bahkan menurutnya talang air dapat meredam suara dari bising jalanan melalui pemecahan aliran udara ketika bergerak.

“Walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lain-lainnya. Apalagi di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung,” katanya,

Untuk kisaran harga talang air mobil sendiri cukup bervariasi tergantung model dan kualitasnya. Rata-rata, dibanderol mulai Rp 250.000 sampai jutaan rupiah.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/24/153144715/bukan-hanya-sekadar-aksesori-ini-fungsi-penting-talang-air-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.