Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bengkel Custom Sulit jika Hanya Mengandalkan Modifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini workshop asal Jakarta, Elders Garage, meluncurkan paket konversi untuk Vespa 2-tak atau Vespa tahun tua menjadi berdaya listrik.

Konversi kit itu dijual untuk umum. Diharapkan dapat memudahkan pemilik Vespa tahun tua mengubah motornya memakai teknologi terbaru tanpa kehilangan esensi motor asli.

Heret Frasthio dari Elders Garage mengatakan, pihaknya tertarik membuat konversi kit untuk menjemput tren yang mulai mengarah ke kendaraan listrik.

"Beberapa kali sebetulnya produk yang keluar dari Elders Garage itu untuk bisa direplikasi secara mudah (dibuat massal), karena itu dulu kita bikin frame Chopperland," kata Heret kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Heret, saat ini Elders Garage dikenal sebagai bengkel custom, tetapi untuk hidup dan berkembang sulit jika hanya mengandalkan modifikasi.

"Sekarang bikin ini jadi sebetulnya kita mencari celah untuk survive, karena tidak mungkin garage itu bisa hidup dengan mengandalkan modifikasi saja," katanya.

"Karena ada timing ada idealisme yang akhirnya kadang tidak bisa berbarengan secara bisnisnya sendiri. Jadi memang sebenarnya langkah yang kita ambil ini terimpit situasi juga," katanya.

Pelatihan

Ke depan, kata Heret, pihaknya juga berencana untuk membuat pelatihan konversi kit motor listrik. Materinya mencakup proses pembentukan lengan ayun hingga proses perakitan konversi kit.

"Secara sekarang Elders bengkelnya di Smesco, kita ada agenda mau bikin pelatihan. Kebetulan Smesco ini balai pelatihan, jadi salah satu proyek ini salah satunya akan jadi materi pelatihan," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/24/102200515/bengkel-custom-sulit-jika-hanya-mengandalkan-modifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke