Salin Artikel

Kawasaki Sudah Ajukan Paten yang Diduga Ninja ZX-4R

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar luas kabar soal Kawasaki yang sedang mengembangkan Ninja ZX-4R. Ternyata, kabar tersebut bukan hanya sekadar rumors.

Dikutip dari Motorcycle.com, Minggu (23/5/2021), Kawasaki sudah mengajukan paten untuk motor supersport tersebut. Paten tersebut fokus pada desain fairing.

Meskipun gambar tersebut menggambarkan apa yang tampak seperti ZX-25R, paten ini mengungkapkan pendinginan udara tambahan karena sifat mesin yang berputar tinggi.

Sebab, ZX-25R memiliki redline yang tinggi, yakni 17.000 rpm. Saluran udara yang diperbesar akan membantu meningkatkan faktor pendinginan tanpa perlu memperbesar ukuran radiator.

Selain itu, dokumen tersebut juga menyatakan bahwa penemuan baru ini lebih tepat diaplikasikan pada kendaraan dengan mesin 400 cc 4-silinder. Maka itu, paten ini diyakini mengacu pada ZX-4R seperti yang diperbicangkan.

Saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari Kawasaki mengenai mesin 400 cc 4-silinder tersebut. Namun, sejak kabar ini dibeberkan oleh media asal Jepang, Young Machine, tak sedikit yang meragukannya.

Jika melihat tren yang dilakukan oleh Kawasaki, kemungkinan besar desain bodi ZX-4R tak akan jauh berbeda dengan ZX-25R.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/24/090200415/kawasaki-sudah-ajukan-paten-yang-diduga-ninja-zx-4r

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.