Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Menyalip Pakai Mobil Transmisi Matik

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil transmisi matik atau bertransmisi otomatis saat ini populasinya sudah banyak. Bahkan mobil matik kerap digunakan sebagai mobil pertama seseorang.

Ketika mengemudi dan tuas transmisi ada di posisi D, kadang sering dirasakan mesin lemot saat mau menyalip. Kadang reaksi mesinnya sedikit lebih lambat sehingga mobil sulit untuk menyalip.

Kejadian seperti ini ternyata bukan kesalahan dari mesinnya. Jika pengoperasian mobil matik dilakukan dengan benar, maka menyalip kendaraan bukanlah hal yang sulit, bahkan mesin jadi lebih responsif.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, tingkat responsif mobil matik dengan mobil manual tak jauh berbeda, asalkan pengoperasiannya benar.

"Saat menyalip, pengemudi disarankan untuk menggeser tuas transmisi otomatis dari posisi D ke posisi D-3. Usai mendahului, baru kembalikan tuas ke posisi D. Tapi pastikan jarak yang akan diambil aman," kata Bambang beberapa waktu lalu.

Selain itu, bisa juga dengan melakukan kickdown. Kickdown pada mobil matik artinya menekan pedal gas lebih dalam sehingga mesin akan turun satu gigi dan mendapatkan tenaga untuk menyalip.

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, ketika pedal gas diinjak dalam, komputer akan menyadari kalau mobil ingin mendapatkan tenaga dan torsi lebih sehingga otomatis menurunkan giginya.

“Gigi secara otomatis turun satu tingkat ke posisi gigi lebih rendah sehinga mendapat akselerasi yang cepat, khususnya saat menanjak. Electronic Control Unit (ECU) transmisi matik, akan mendeteksi hal ini dari perbandingan, antara rpm mesin dengan kecepatan kendaraan,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/21/173100715/begini-cara-menyalip-pakai-mobil-transmisi-matik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke