Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Estimasi Biaya Servis Kaki-kaki Mobil Pabrikan Jepang

SOLO, KOMPAS.com - Kaki-kak jadi bagian penting pada mobil yang menunjang kenyamanan berkendara. Sebab, bagian ini berfungsi meredam segala guncangan yang diterima saat melakukan perjalanan.

Kaki-kaki mobil tidak pernah diservis akan berisiko merusak komponen-komponen lain yang berhubungan. Misalnya kerusakan pada shockbreaker, jika tidak segera diservis akan berpengaruh pada usia bearing, bushing arm, hingga ban.

Membahas biaya servis kaki-kaki jelas memiliki kisaran biaya yang beragam, tergantung mobil dan juga keluhannya.

Mobil Eropa seperti Mercedes-Benz dan Peugeot memiliki biaya servis yang lebih tinggi dibanding pabrikan Jepang.

Pendi Nugroho, pemilik Bengkel Three S Motor Solo mengatakan, selain dipengaruhi harga sparepartnya yang memang lebih mahal, proses bongkar pasangnya pun lebih rumit dibanding mobil Jepang.

Selanjutnya, Pendi menjelaskan mengenai kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis kaki-kaki untuk mobil Jepang.

"Kalau cuma servis shockbreaker depan, kanan kiri kalau bocor semua ganti oli dan seal, perkiraan sekitar Rp 120.000. Tapi kalau komponen lain juga perlu diservis kira-kira total Rp 300.000 sampai Rp 400.000, dengan catatan kalau tidak parah," ungkap Pendi kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Ia juga menjelaskan jika ada komponen yang harus diganti, tentu akan ada tambahan biaya sesuai dengan harga komponen tersebut. Misal untuk bearing, akan ada tambahan biaya sekitar Rp 200.000 tergantung jenis mobilnya.

Contoh lain, misalnya penggantian komponen sepasang shockbreaker baru depan kanan dan kiri untuk Toyota Avanza akan dikenakan kisaran biaya sekitar Rp 1,2 jutaan.

Lalu untuk shockbreaker model per daun, Pendi menjelaskan bahwa itu tidak bisa diservis. Apabila terjadi kerusakan, solusinya harus diganti. Kisaran harganya untuk yang seken sekitar Rp 125.000.

Jika ingin menggantinya dengan yang baru, harganya cukup beragam. Contohnya untuk Isuzu Panther, kisaran harga sekitar Rp 500.000. Untuk Toyota Avanza bisa lebih mahal sekitar Rp 850.000 bisa lebih atau kurang.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/21/151200815/estimasi-biaya-servis-kaki-kaki-mobil-pabrikan-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke