Salin Artikel

Begini Cara dan Biaya Mengurus SIM yang Hilang

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian Surat Izin Mengemudi (SIM) hilang memang bisa terjadi pada siapa saja. Hilangnya SIM bisa karena terjatuh, lupa menyimpannya atau kehilangan dompet.

Lalu jika memang kehilangan SIM, bagaimana cara mengurus untuk mendapatkan SIM baru?
Mengingat SIM merupakan syarat wajib seseorang ketika mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya, jangan sampai kena tilang karena tidak bisa menunjukkan SIM kepada petugas.

Lalu bagaimana mengurus SIM yang hilang?

Melansir dari laman NTMC Polri, mengganti SIM yang rusak berbeda dengan membuat SIM baru. Jadi tidak perlu mengikuti rangkaian ujian praktik dan teori seperti membuat dari baru.

Untuk syarat pengajuan SIM yang hilang, siapkan surat laporan kehilangan SIM dari Kepolisian dan KTP asli. Akan lebih baik lagi jika pemohon memiliki fotokopi SIM yang hilang.

Untuk biaya yang harus dibayarkan, sama seperti ketika melakukan perpanjangan SIM sesuai dengan jenis SIM yang akan dibuat sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah No.60/2016.

Dengan tarif sebesar Rp 80.000 untuk SIM A dan SIM B serta Rp 75.000 untuk SIM C. Sementara pemohon SIM D akan dikenakan biaya sebesar Rp 30.000.

Namun demikian, besaran biaya ini belum ditambah dengan biaya asuransi dan kesehatan yang juga jadi salah satu persyaratan bagi pemohon SIM.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/19/104200215/begini-cara-dan-biaya-mengurus-sim-yang-hilang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.