Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Sabuk Pengaman Melingkar pada Bahu dan Pinggang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman atau seat belt menjadi fitur pengamanan utama dalam berkendara.

Saat terjadi kecelakaan, peranti keselamatan ini bekerja menahan badan agar tidak terempas dari tempat duduk.

Penggunaan sabuk pengaman sebenarnya sudah tertuang dalam Undang-Undang LLAJ Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LJAL).

Peraturan tersebut menerangkan tentang fungsi sabuk pengaman yang dapat membantu pengguna kendaraan untuk memperkecil risiko terjadinya luka akibat kecelakaan.

Namun, sayangnya saat ini masih banyak pengemudi dan terutama penumpang di bagian belakang yang masih enggan menggunakan sabuk pengaman.

Terkait hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana kembali mengingatkan kembali fungsi dan kegunaan sabuk pengaman.

Menurut Sony, sabuk pengaman pada mobil umumnya terdiri atas dua poin, yaitu lap belt (melingkar di pinggang) dan shoulder belt (menyilang dari bahu ke pinggang).

“Lap belt berfungsi untuk menyangga tulang pinggul, sedangkan shoulder belt berfungsi untuk menyangga tulang bahu. Kedua tulang tersebut merupakan tulang yang terkuat di struktur tubuh manusia,” ujar Sonny belum lama ini kepada Kompas.com.

Sehingga, ketika menerima benturan saat terjadi kecelakaan, diharapkan sabuk pengaman tersebut mampu menahan tubuh melalui tulang tersebut agar tetap pada posisi di bangkunya.

Selain itu, Sony menambahkan, posisi duduk pengemudi selama ini yang mengartikan "posisi santai" adalah hal yang salah.

Menurutnya, yang benar adalah posisi duduk yang sempurna, yaitu fokus dan waspada dalam mengoperasikan kendaraan dan melihat potensi yang berbahaya selama perjalanan tiga atau empat jam.

“Lebih dari itu badan akan memberikan tanda seperti lelah atau pegal, dalam kondisi ini pengemudi wajib beristirahat,” kata dia.

Sony juga menegaskan, ketika penggunaan sabuk pengaman tidak benar atau pengemudi dan penumpang menyepelekannya, artinya mereka mengancam diri keselamatan diri saat terjadi kecelakaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/19/094200215/mengapa-sabuk-pengaman-melingkar-pada-bahu-dan-pinggang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke