Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Sebut Puncak Arus Balik Jabodetabek Belum Terjadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Lebaran telah usai, puncak arus balik pun diprediksi akan terjadi pada 17 Mei 2021 dan 20 Mei 2021.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, puncak arus balik kendaraan yang masuk Jabodetabek usai libur Idul Fitri 1442 Hijriah belum terjadi pada akhir pekan lalu.

Ia menjelaskan, volume kendaraan yang melintasi arah Jabodetabek mencapai 21.000 unit pada akhir pekan ini. Biasanya jumlah kendaraan arus balik lebih dari 60.000 unit.

“Biasanya arus balik di atas 60.000. Kita lihat nanti perkembangannya,” kata Istiono dalam keterangan resmi, Senin (17/5/2021).

Istiono menambahkan akan terus memantau kesiapsiagaan petugas di Pos Penyekat KM 34 Tol Cikampek-Jakarta. Pemantauan tersebut juga turut didampingi oleh Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan dan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Berdasarkan statistik, Istiono menjelaskan, volume kendaraan dari Jawa Tengah yang masuk Jabodetabek pada musim arus balik Lebaran 2020 menurun 52 persen, dari Jabar menurun 56 persen, dan dari Sumatera menuju Jabodetabek menurun 73 persen.

“Dari hasil data tersebut, diprediksi puncak arus balik Idul Fitri 1442 Hijriah berpotensi terjadi pada akhir pekan depan,” kata dia.

Lebih lanjut, penurunan volume kendaraan yang memasuki wilayah DKI Jakarta dipengaruhi Aparat Sipil Negara (ASN),TNI, Polri dan karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang patuh untuk tidak mudik.

“Sementara itu, kendaraan yang diputarbalikkan agar tidak terjadi kerumunan massa pada sejumlah konsentrasi wisata sebanyak 42.307 unit,” ucap Istiono.

Istiono berharap masyarakat benar-benar paham kondisi tersebut. Sebab menurutnya, petugas di lapangan sudah bekerja keras, sudah maksimal untuk menekan penyebaran Covid-19.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/17/142100615/polisi-sebut-puncak-arus-balik-jabodetabek-belum-terjadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke