Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Pre Tire Inspection dan Bagaimana Cara Melakukannya

Ban merupakan salah satu bagian penting dari kendaraan. Selain menahan beban kendaraan, ban juga berpengaruh terhadap handling dan kenyamanan berkendara.

Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperiksa untuk melihat kondisi ban sebelum melakukan perjalanan.

"Yang namanya pre tire inspection atau pemeriksaaan kondisi ban tidak hanya cukup melihat ban tersebut atau ukuran anginnya secara visual tetapi betul-betul menggunakan alat ukur," kata Jusri kepada Kompas.com, Sabtu (15/5/2021).

Pertama, yang perlu diperhatikan yakni tekanan udara pada ban. Jusri menjelaskan, tekanan udara pada ban sebaikya diperiksa setiap dua minggu sekali untuk perjalanan dalam kota.

Namun, jika digunakan untuk perjalanan jarak jauh dan mengangkut muatan, sebaiknya pengecekan tekanan udara dilakukan sebelum memulai perjalanan.

"Tekanan udara harus diisi dalam kondisi tekan ban yang dingin, atau setengah jam setelah dipakai. Karena pada saat kondisi ban panas akan ada suhu atau tekanan angin palsu (fake air)," ucap Jusri.

Kedua, saat mengisi udara ban, disarankan untuk menggunakan nitrogen, karena memiliki sifat yang lebih tahan terhadap panas dan tekanan yang diberikan cenderung lebih akurat dari udara biasa.

"Selain tekanan angin juga periksa fisik ban, periksa apakah ada objek yang menempel atau tidak, seperti batu kerikil atau objek tajam lainnya," kata Jusri

Ketiga, pastikan juga umur ban tidak lebih dari empat atau lima tahun. Alasannya, karena ban terbuat dari bahan karet, tentu saja akan ada batas waktu penggunaannya. Pengecekan kadaluarsa ban dapat dilihat pada bagian sisi dinding ban.

Keempat, pastikan juga grip ban masih bagus dan masih layak untuk melakukan perjalanan. Hal ini berfungsi agar mobil tidak mengalami selip atau under control pada saat melakukan perjalanan terutama perjalanan jauh.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/17/104200315/apa-itu-pre-tire-inspection-dan-bagaimana-cara-melakukannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke