Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memaksa Menyetir Saat Mengantuk, Mobil Masuk Sungai

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu pantangan utama saat sedang berkendara adalah menahan rasa kantuk. Kondisi mengantuk saat mengemudi mutlak berbahaya.

Ini karena dalam berkendara dibutuhkan konsentrasi penuh. Kehilangan konsentrasi sepersekian detik saja berisiko fatal mencelakakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Belum lama ini beredar di media sosial unggahan video yang memperlihatkan mobil nyemplung ke sungai. Menurut keterangan akun Instagram @infokejadiansemarang yang menggunggah video tersebut, Jumat (14/5/2021), kejadian itu disebabkan karena sopir yang mengantuk.

Jusri Pulubuhu selaku Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, berkendara sambil menahan kantuk sama bahayanya dengan berkendara dalam kondisi mabuk.

“Apabila sudah tidak kuat, lebih baik cari tempat yang benar-benar aman dan tidur, kemudian setelah segar diperbolehkan melanjutkan perjalanan lagi,” ujar Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, pengendara perlu juga memahami akan fenomena microsleep. Fenomena ini adalah kondisi di mana badan tertidur sesaat. Meski hanya beberapa detik, microsleep saat sedang berkendara sangat berbahaya.

Dalam kondisi microsleep, tubuh tidak sadarkan diri selama sepersekian detik. Rentang waktu yang pendek tersebut sudah sangat cukup untuk menciptakan peluang terjadinya kecelakaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/15/104200215/memaksa-menyetir-saat-mengantuk-mobil-masuk-sungai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke