Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Incar Kendaraan Pribadi, Tes Acak Antigen Diperbanyak saat Arus Balik

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi arus balik saat larangan mudik, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Satgas Covid-19, akan mengetatkan kegiatan random tasting antigen untuk kendaraan pribadi.

Langkah ini diambil sebagai skrining yang akan masuk ke Jakarta, khususnya bagi yang melakukan perjalanan saat larangan mudik ke luar wilayah aglomerasi, terlebih adanya peningkatakan kasus Covid-19 yang terjadi di Pulau Sumatera.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, random testing untuk kendaraan pribadi berlaku untuk sepeda motor dan mobil.

"Untuk dari Lampung ke Jakarta itu sudah final, sudah mandatori kita lakukan di Bakauheni, jadi wajib sebelum masuk ke Jakarta kita akan tes pakai antigen, sudah diusulkan juga di rest area sebelum pelabuhan," ucap Budi dalam konferensi pers Antisipasi Mobilitas Penduduk Pasca-Idul Fitri via Youtube BNPB, Kamis (13/5/2021).

Budi menegaskan semua masyakarat yang nanti akan kembali ke Jakarta atau wilayah Jabodetabek saat arus balik, akan dilakukan pengetesan dengan rapid test antigen, tak lagi menggunakan GeNose.

Untuk pemudik yang menggunakan motor, selain yang berasal dari Sumatera dan Lampung, konsentrasi juga dipusatkan yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Beberapa lokasi untuk random testing antigen pemudik yang menggunakan motor, akan dilakukan di Jembatan Timbang Balonggandu yang berada di daerah Karawang, Jawa Barat.

Selain itu, ada di Pos Tegalgubuk Susukan dari arah Palimanan ke Jatibarang. Sementara satu lagi, Budi mengatakan diusulkan testing untuk yang datang dari wilayah Indramayu ke arah Jatibarang.

"Dengan demikian, masyarakat yang menggunakan motor dan akan masuk ke wilayah Jabodetabek melalui jalan nasional akan kena di tiga titik tadi," ujar Budi.

"Kemudian untuk di jalan tol, kami megusulkan ada di 21 titik tempat yang dijadikan lokasi pengetesan masyarakat yang menggunakan jalan tol atau kendaraan roda empat pribadi," kata Budi.

Lokasinya akan tersebar di 13 titik pengetesan akan ditempatkan rest area, lalu ada juga yang di pintu-pintu masuk tol, mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Pemudik yang dari Banten atau Pelabuhan Merak menuju Jakarta via tol, juga akan dua titik pengetesan Covid-19 melalui antigen yang ditempatkan di rest area. 

"Intinya masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat dari wilayah Banten lewat Tol Merak-Jakarta, termasuk dari Jawa Tengah, Jawa Barat, sampai Jakarta itu akan kita lakukan pengetesan baik di rest area atau kemudian di pintu-pintu tol utama," ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/15/082200215/incar-kendaraan-pribadi-tes-acak-antigen-diperbanyak-saat-arus-balik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke