Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemudik Terobos Pos Penyekatan, Petugas Kalah Jumlah

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu upaya yang dilakukan petugas untuk mencegah pemudik pulang ke kampung halamannya adalah dengan mendirikan pos penyekatan di beberapa titik.

Sayangnya, pos penyekatan tersebut tidak cukup untuk menghadang rasa rindu para pemudik pulang ke kampung halaman.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun instagram @infojktku, diketahui hal ini terjadi di Jalan Cikarang-Kota Bekasi pada Sabtu (8/5) dini hari.

Dalam rekaman tersebut, terlihat petugas kepolisian memindahkan barrier penyekat jalan. Namun karena jumlah pemotor begitu banyak dan petugas kepolisian kalah jumlah, para pemudik bisa lolos dengan mudah dan langsung tancap gas meninggalkan lokasi pos penyekatan.

Peraturan larangan mudik Lebaran tahun ini, diperkirakan memang banyak yang akan menjadi pemudik nekat.

Sebab, sejak tahun lalu, para pemudik sudah tidak bisa pulang ke kampung halaman lantaran penyebaran virus Covid-19 yang masih sangat tinggi.

Tetapi, perlu dipahami bahwa imbauan pemerintah untuk tidak mudik merupakan salah satu usaha untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 kepada sanak keluarga di kampung halaman.

“Dari video ini terlihat para pengendara sudah kebablasan melakukan hal-hal berbahaya seperti melanggar lalu lintas, berkendara bergerombol serta melibatkan emosi (kegembiraan) yang berlebihan. Untuk apa bersusah payah menerobos barikade kalau nantinya celaka akibat kelalaiannya,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Minggu (9/5/2021).

Sony mengingatkan, jangan sampai kepentingan ego semua aturan ditabrak atau disiasati.

“Kalaupun haurs memaksa mudik, lakukan dengan bijak. Penuhi syarat-syarat untuk keluar kota dan lakukan isolasi mandiri demi kesehatan bersama,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/09/140100815/pemudik-terobos-pos-penyekatan-petugas-kalah-jumlah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke