Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Desain Toyota Raize, Berkelas Tanpa Krom Berlebih

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbeda dengan Toyota Raize di Jepang, model yang meluncur di Indonesia mengusung tampilan lebih sporty berkat body kit GR Sport.

Bisa dibilang Raize merupakan mobil pertama yang mengusung tampilan GR Sport di Indonesia. Seperti diketahui, tipe GR Sport hadir di luar negeri dan biasanya jadi penanda untuk varian teratas.

Selain penggunaan bumper depan-belakang dan side skirt yang berbeda, di luar perbedaan juga datang dari pelek 17 inci berwarna hitam glossy.

Selebihnya tak ada perbedaan signifikan dengan Raize yang meluncur di luar negeri. Tampilan gril depan misalnya, mengusung desain trapesium yang agak mirip dengan bahasa desain Corolla Cross maupun RAV4 yang gagah.

Kemudian, lampu depan misalnya sudah mengusung teknologi LED, beserta lampu sein dengan model sequential. Di bawahnya terdapat DRL beserta fog lamp.

Tanpa aksesoris krom berlebih, desain Raize terlihat berkelas dan tidak murahan. Di belakang, mobil ini juga tampak minimalis, hanya ada emblem Raize dan logo GR Sport.

Di kaca belakang juga sudah tersemat wiper, namun defogger belum ada. Sebagai pemandu saat mundur, Raize juga telah dilengkapi sensor parkir dua titik dan kamera mundur.

Sementara di bagian samping, tersemat juga overfender hitam seperti SUV kebanyakan. Kemudian, spion memiliki desain yang sama dengan milik Toyota Rush. Tak ketinggalan stiker GR Sport di sisi bawah.

Atap Raize varian GR Sport berwarna hitam, menandakan bahwa sebagai varian tertinggi mobil ini mengusung warna two-tone. Adapun untuk antena mengusung model shark fin yang berada di bagian belakang.

Lantaran meluncur pertama kali di Negeri Matahari Terbit, menurut kami desain Raize terasa sangat Jepang. Mobil ini terlihat kompak, namun dari luar membawa kesan gagah khas SUV Toyota.

Sebagai mobil baru, rasanya desain Raize bisa diterima semua kalangan. Secara umum tak ada gejala aneh atau sangsi dengan tampilan mobil ini.

Tinggal menempel stiker mobil CBU Jepang yang biasanya tersemat di kaca belakang, Raize buatan Indonesia pun bisa tampil layaknya mobil JDM (Japan Domestic Market).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/30/163100615/bahas-desain-toyota-raize-berkelas-tanpa-krom-berlebih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke