Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Macet Selama Bulan Puasa, Ganjil Genap Belum Bisa Diterapkan

JAKARTA, KOMPAS.com – Lalu lintas DKI Jakarta belakangan ini terpantau kerap macet saat pagi hari dan sore hari jelang berbuka puasa.

Aturan pembatasan ganjil genap yang biasanya efektif mengurangi kemacetan, rupanya belum bisa diterapkan untuk saat ini.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, pihaknya membenarkan bahwa terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang lalu lalang saat Ramadhan.

Menurut Sambodo, saat ini kepolisian tengah mengkaji apakah kebijakan ganjil genap bisa diberlakukan kembali pada masa pandemi Covid-19.

Meski begitu, hingga sekarang belum ada koordinasi terkait penerapan kembali ganjil genap di DKI Jakarta.

“Sampai saat ini belum ada pembicaraan terkait diberlakukan kembalinya aturan ganjil genap,” ujar Sambodo, dilansir dari NTMC Polri (22/4/2021).

Seperti diketahui, dalam peluncuran Operasi Keselamatan Jaya 2021 (12/4/2021), Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, mengimbau jajarannya untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Salah satu cara untuk menerapkan protokol kesehatan adalah melakukan pembatasan jumlah penumpang pada kendaraan umum. Hal inilah yang berkolerasi dengan belum berlakunya ganjil genap.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengatakan, pihaknya tengah mencegah kerumunan di angkutan umum.

Kapasitas angkutan pun dibatasi hanya 50 persen dari yang tersedia, mengikuti aturan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang pada 22 April sampai 3 Mei 2021.

Hal ini dilakukan agar orang terdorong menggunakan kendaraan pribadi ketimbang angkutan umum. Tujuannya tidak lain untuk mengurangi jumlah penderita Covid-19.

“Saat ini ganjil genap belum diberlakukan,” kata Syafrin, kepada Kompas.com (20/4/2021).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/22/134100315/macet-selama-bulan-puasa-ganjil-genap-belum-bisa-diterapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke