Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan Ini Bisa Bantu Pengemudi Wanita Terhindar dari Kejahatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di jalan raya membuka peluang untuk menjadi korban kejahatan, tidak terkecuali bagi para pengemudi wanita.

Agar terhindar dari hal tersebut, ada beberapa kebiasaan yang dapat dipelajari oleh kaum hawa.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, untuk menghindari tindak kejahatan dimulai dari kebiasaan dan perilaku yang dilakukan selama membawa mobil.

Pengemudi wanita harus selalu memerhatikan sekeliling. Tidak lupa hindari rutinitas dan siapkan metode di saat darurat. Latih terus supaya tidak menjadi sasaran kejahatan.

“Kebanyakan wanita kurang kesadaran bahwa apa yang mereka gunakan bisa menjadi daya tarik kejahatan. Sebaiknya jika wanita ingin bepergian sendiri, jangan mengunakan barang yang bisa menarik pehatian, contohnya perhiasan yang berlebihan,” ujar Jusri saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Sebab menurut Jusri, orang yang ingin melakukan kejahatan biasanya sudah memerhatikan targetnya, tidak dilakukan secara spontan.

Kebiasaan melewati jalan yang sama pada waktu yang sama memudahkan pengemudi wanita menjadi sasaran. Sebaiknya gunakan rute berbeda setiap kali dan jam bepergian yang tidak sama agar bila merasa diikuti dapat terhindar di cegat di jalan.

Jusri melanjutkan, latih diri untuk bersikap sesuai prosedur jika terjadi keadaan darurat. Kalau tahu akan pulang larut malam, tempatkan kendaraan di tempat yang ramai dan terang, bisa dekat pos satpam.

“Saat ini baik di mal atau perkantoran biasanya sudah tersedia ladies parking, sebaiknya parkir di situ. Tindakan preventif dan antisipatif itu perlu,” katanya.

Terakhir, meski terlihat sepele komunikasikan keberadaan diri Anda kepada orang-orang terdekat, misalnya sedang berada di mana lengkap dengan tujuan. Bisa gunakan fitur lokasi yang sudah ada di perangkat genggam untuk memudahkan.

“Sehingga jika terjadi sesuatu, orang-orang terdekat dapat tahu lokasi dan segera menolong,” ucap Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/15/030200415/kebiasaan-ini-bisa-bantu-pengemudi-wanita-terhindar-dari-kejahatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke