Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biar Ikut MotoE, Alasan Utomocorp Bawa Energica ke Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memayungi tiga merek, Royal Alloy, NIU dan Italjet, PT Utomo International (Utomocorp) juga menaungi merek sepeda motor listrik Energica.

Energica merupakan merek asal Italia yang identik dengan motor sport. Energica juga adalah perusahaan yang saat ini menyuplai mesin untuk kejuaraan MotoE.

Denny Utomo, Chairman dan CEO Utomocorp, mengatakan, alasan mendatangkan Energica ke Indonesia salah satunya karena Indonesia akan menggelar MotoGP termasuk kejuaraan MotoE.

"Energica kalau boleh jujur. Saya bicara dengan CEO-nya begini. Saya sudah berhubungan dengan Energica kurang lebih empat tahun. Setiap kali pameran otomotif saya ke sana dan kebetulan waktu tahun 2019 Indonesia mengumumkan juga Mandalika (GP Indonesia), saya rasa ini boleh juga kita bawa Energica, dan kebetulan juga ada balapan MotoE," katanya di Jakarta, Senin (12/4/2021).

Harapan Denny waktu itu, jika Indonesia jadi menggelar MotoGP termasuk di dalamnya MotoE maka pihaknya bisa ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut.

"Suatu hari jika bisa balapan di Indonesia ya bisalah kita ikut berpartisipasi," katanya.

Selain itu kata Denny, secara spesifikasi motor-motor Energica juga punya peluang di Indonesia. Apalagi jika pemerintah memberikan insentif pajaknya yang besar.

"Saya rasa motor ini punya potensi. Motornya premium kencang dan paling utama kalau dibandingkan motor combustion engine tidak panas," katanya.

"Ini motor high power vehicle yang tidak panas jarang ada, cuma di motor elektrik saja, seperti torsi dan tenaga, cocoklah buat dipakai di Indonesia," kata Denny.

Sebelum Energica hadir, Indonesia pernah kedatangan merek sejenis yaitu Zero Motorcycle. Namun tidak berjalan lama, salah satunya karena harga dan pasar yang cukup segmented.

"Ya kalau permintaan buat Energica kita tidak terlalu, dibilang niche juga tidak, buat saya target marketnya orang-orang pengendara motor gede," kata Denny.

"Bahkan Energica bisa jadi merek yang netral dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor misalkan. Sebab ini listrik belum banyak pemainnya juga, jadi rider pengendara moge yang lain bisa kumpul di sini," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/14/154100215/biar-ikut-motoe-alasan-utomocorp-bawa-energica-ke-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke