Salin Artikel

Fiz-R Banyak Dicari, Simak Kisaran Harga Seken Yamaha F1ZR

SOLO, KOMPAS.com - Pamor sepeda motor 2-tak akhir-akhir ini kembali naik ke permukaan. Termasuk motor bebek, seperti Yamaha F1ZR yang kerap dilafalkan dengan nama 'Fiz-R'. Motor lawas ini masih banyak diburu para pecinta roda dua klasik.

F1ZR sendiri mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1997 hingga tahun 2004. Populasinya cukup banyak, tapi yang kondisinya masih baik tanpa modifikasi atau ubahan bisa dibilang hanya sedikit.

Marwan selaku pemilik showroom motor tua Marwan Motor di bilangan Sukoharjo menjelaskan, harga F1ZR masih terbilang normal dibandingkan motor bebek 2-tak lawas lainnya.

"Kalau Fiz-R ini, paling-paling sekitar Rp 8 juta sampai Rp 10 jutaan, harganya masih normal. Beda dibandingkan dengan 125Z yang harganya gila-gilaan, bisa sampai Rp 60 jutaan - Rp 80 jutaan," kata Marwan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Kisaran harga F1ZR tersebut berlaku untuk unit yang dengan mayoritas part motor masih orisinil. Belum ada modifikasi atau ubahan. Tentu juga disertai dengan surat-surat yang lengkap.

Lalu, jangan lakukan kanibal sparepart dari motor tipe lain karena akan menurunkan harga jual juga meski kanibal dari pabrikan motor yang sama.

"Daripada kanibal, lebih baik dibiarkan unit asli apa adanya dengan part orisinil," ungkap Marwan.

Menilik situs jual beli daring, masih ada yang menjual F1ZR dengan harga Rp 4 jutaan - Rp 6 jutaan. Namun dengan kondisi body atau mesin yang sudah dimodifikasi sehingga tidak sepenuhnya orisinil.

Sementara itu, ada pula F1ZR limited edition, yaitu Caltex Edition dan Marlboro Edition. Di pasaran, harga unit limited edition ini mencapai Rp 20 jutaan.

Bahkan harganya bisa lebih untuk kondisi istimewa di mana seluruh part motor masih orisinil tanpa ada kerusakan serta angka odometer yang masih rendah.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/14/130100715/fiz-r-banyak-dicari-simak-kisaran-harga-seken-yamaha-f1zr

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.