Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sirkuit Mandalika Akan Gelar WorldSBK 2021 dan MotoGP 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, pihak Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports sudah melakukan inspeksi Sirkuit Mandalika, Lombok, Rabu (7/4/2021). Kesiapan sirkuit itu dinilai sudah mencapai 70 persen untuk menggelar World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP.

Dikutip dari MotoGP.com, Sabtu (10/4/2021), FIM Grand Prix Safety Officer Franco Uncini, Dorna Race Direction Loris Capirossi, dan Dorna Sports Managing Director Carlos Ezpeleta mengaku terkesan dengan evolusi proyek serta standar keselamatan yang diterapkan.

Target Mandalika International Street Circuit untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike pada 14 November 2021 tidak berubah.

Namun, karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, semua pihak yang terlibat sepakat untuk mengadakan MotoGP pertama di sirkuit ini pada paruh pertama musim 2022, atau sekitar bulan Maret.

Namun, jika MotoGP dapat digelar di Asia Tenggara menjelang akhir 2021, upaya akan dilakukan untuk melakukan tes yang mungkin dilakukan oleh para pebalap di kelas MotoGP di Mandalika International Street Circuit selama periode waktu tersebut untuk mengantisipasi masuknya trek di kalender tahun 2022.

Selama proses pemeriksaan, perwakilan dari FIM dan Dorna Sports ditemani oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation / ITDC Abdulbar M Mansoer dan Chief Executive Officer (CEO) Mandalika Grand Prix Asosiasi (MGPA) Ricky Baheramsjah, serta Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

“Saya mendukung penuh ajang MotoGP yang akan diselenggarakan pada Maret 2022. Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional dari Pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keamanan pengunjung domestik dan internasional,” ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Presiden Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada FIM dan Dorna yang telah datang dan melaksanakan technical visit yang berjalan dengan baik dan memenuhi harapan mereka.

"Dengan mengetahui bulan yang pasti untuk acara MotoGP, kami yakin akan fokus menyelesaikan proyek pengembangan Mandalika International Street Circuit, sambil juga memaksimalkan nilai yang ditawarkan acara olahraga hebat ini,” kata Abdulbar.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/10/081314415/sirkuit-mandalika-akan-gelar-worldsbk-2021-dan-motogp-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke