Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ribuan Unit Terjual, Toyota Indonesia Pastikan Kesiapan Elektrifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut era elektrifikasi, Toyota Indonesia menggaku sudah memiliki persiapan yang cukup matang. Baik dalam hal produk, pelayanan purnajual, sampai kesiapan hulu alias produksi.

Dari segi produk, Direktur Pemasaran PT Astra Toyota Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, sejak 2009 Toyota sudah mulai memasarkan produk elektrifikasinya.

Bahkan seiring pilihan model yang makin lengkap, baik dari hybrid, PHEV, hingga listrik murni berbasis baterai, dari segi penjualan populasinya juga sudah mencapai ribuan unit di Indonesia.

"Sejak 2009 Toyota sudah meluncurkan produk-produk elektrifikasi dan sampai sekarang line-up makin lengkap dengan 10 pilihan dari, hybrid, PHEV, dan EV," ucap Anton dalam diskusi virtual perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia, Kamis (8/4/2021).

"Sampai dengan Februari di tahun ini, kita sudah menjual lebih dari 4.000 unit produk elektrifikasi dan rasanya ini akan berkembang semakin pesat karena line-up juga makin banyak," kata dia.

Kesiapan

Menurut Anton, elektrifikasi bagi Toyota sendiri jadi hal yang sangat penting, karena dari pemerintah juga sudah sangat diminta dan diarahakan.

Walau dari segi persantase penjualan belum signifikan, tapi Toyota Indonesia sudah mulai melakukan ragam persiapan dari jauh-jauh hari, termasuk dalam hal layanan penjualan dan purnajual.

"Pertama-tama yang kita siapkan adalah bagaimana diler, baik tenaga penjual dan utamanya lagi mekanik di workshop, mulai dari peralatan, keahlian, training, dan sebagainya sudah disiapkan," ujar Anton.

"Ke depannya, dengan TMMIN kami juga mulai persiapkan masalah recycle, karena ini kan baterai bukan mesin, jadi memang total ekosistem elektrifikasi dari hulu ke hilir sudah kami pikirkan," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/09/101200215/ribuan-unit-terjual-toyota-indonesia-pastikan-kesiapan-elektrifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke