Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Helm Motor Sering Dicuci Bisa Bikin Busa Kempis?

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan suatu perlengkapan wajib bagi tiap pengendara sepeda motor guna menambah keamanan dan kenyamanan berkendara. Bahkan penggunaannya diatur dalam Undang-undang tentang LLAJ.

Tetapi, seiring penggunaan helm menjadi kurang nyaman sehingga perlu untuk dilakukan perawatan seperti mencucinya. Langkah ini juga mampu menekan potensi masalah kulit kepada untuk pengguna.

Meski demikian, terdapat mitos yang beredar bahwa perlengkapan ini tidak boleh dicuci terlalu sering karena bisa membuat busa lebih cepat kempis. Jadi, helm bakal kendur saat digunakan.

Dihubungi Kompas.com, pegiat dari komunitas Belajar Helm Ahmad M membenarkan pernyataan itu. Apalagi jika helm yang digunakan tidak SNI (Standar Nasional Indonesia) dan berkualitas rendah.

“Lumrah sebenarnya mengingat setiap busa pada helm memiliki masa kedaluwarsa. Tapi jika helm yang digunakan berkualitas atau branded, masanya lebih panjang. Jadi tidak masalah bila rajin dicuci,” ujar dia beberapa waktu lalu.

Adapun rata-rata usia penggunaan helm sendiri, bila pemakaiannya untuk sehari-hari bisa bertahan 3-5 tahun.

Sedangkan jika helm yang digunakan berkualitas rendah, biasanya dalam jangka waktu satu tahun sudah harus diganti.

“Sebab ketika busa helm sudah mengempis, tidak bisa menjaga kepala, sama saja menggunakan helm dengan ukuran yang tidak sesuai. Dampaknya adalah pada keamanan berkendara,” kata Mamat.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/08/164200415/helm-motor-sering-dicuci-bisa-bikin-busa-kempis-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke