Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Remote Mobil Tidak Berkerja Secara Optimal

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa kasus tertentu, remote mobil khususnya yang sudah berteknologi smart key, sering mengalami 'macet' atau kehilangan respons saat hendak membuka dan mengunci pintu.

Alhasil, potensi terjadinya kasus kriminal seperti pencurian barang dari kabin mobil menjadi besar. Lalu, bila mobil telah dibekali tombol starter mesin, Anda juga jadi tak bisa langsung menyalakannya sehingga

Dijelaskan Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, hal tersebut terjadi karena adanya masalah antara transmitter di remote dan receiver.

"Sebab, remote itu memanfaatkan sinyal frekuensi. Biasanya, gangguan serupa terjadi jika mobil berada di sekitar menara SUTET (Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi) dan BTS (Base Transceiver Station) telepon seluler," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

"Terlebih, jika sudah smart key, itu sangat terpengaruhi oleh gelombang elektromagnetik," ucap Didi.

Jadi, sebisa mungkin pengguna menghindari parkir di lokasi yang dekat dengan dua wilayah tersebut.

Masalah lainnya, ialah baterai remote sudah lemah atau terjadi getas di sekitaran karet pintu yang membuat komunikasi antara transmitter dan receiver terganggu.

Cara paling mudah untuk melihat kondisi baterai pada remote kunci adalah menekan salah satu tombol. Kalau lampu masih menyala terang dengan interval cepat maka kondisi baterai masih baik, begitu sebaliknya.

"Hubungi diler terdekat dan langganan jika masalahnya kerap meresahkan. Jangan anggap remeh karena ini berkaitan dengan ketenangan pikiran," ujar Didi lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/07/173100615/penyebab-remote-mobil-tidak-berkerja-secara-optimal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke