Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Alay, Pasang Lampu Sorot buat Rem

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan modifikasi pada mobil pribadi memang sepenuhnya jadi keputusan dari pemilik. Namun, harus diperhatikan juga kalau modifikasi jangan alay sehingga tidak melanggar aturan, apalagi sampai merugikan orang lain.

Misalnya seperti mobil yang ada di video yang diunggah akun Dashcam Owners Indonesia. Pada video tersebut, terlihat mobil memasang lampu rem tambahan di bagian belakang mobilnya.

Masalahnya, lampu yang dipasang di bawah bumper ini berwarna putih dan menyala berkedip ketika mobil mengerem. Tentu saja lampu tambahan ini menyilaukan pengguna jalan lain yang ada di belakang mobilnya.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, modifikasi seperti ini sudah lama dan banyak dilakukan pengemudi yang tidak paham aturan. Pastinya dia punya asumsi sendiri mengapa melakukan modifikasi tersebut.

“Mungkin untuk menjaga keamanannya, atau pernah punya trauma ditabrak dari belakang. Bisa juga karena bergaul dengan orang-orang yang gagal paham, sehingga menaruh lampu yang menyilaukan di belakang mobil,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (2/4/2021).

Sony mengatakan, lampu yang ada di mobil sudah jelas, baik warna maupun penempatannya, jadi tidak perlu ditambah. Kecuali mobil tadi digunakan dengan pertimbangan tertentu dan tidak di tempat umum.

“Lalu, nyalanya menyilaukan dan mengganggu pengemudi yang ada di belakang. Tadinya berniat membuat orang tidak dekat-dekat dengan mobilnya, tapi justru malah bisa nabrak,” kata Sony.

Dengan adanya lampu yang menyilaukan ini, mata pengemudi di belakangnya akan buta untuk beberapa saat dan butuh waktu untuk kembali normal. Sementara saat mengemudi, mata pengemudi harus clear, hitungan detik saja bisa kecelakaan.

“Modifikasi ini melanggar aturan lalu lintas, harus dicopot dan ditilang. Melanggar aturan kan berarti karena membahayakan. Kalau tidak ditertibkan, akan banyak memakan korban,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/03/110200015/modifikasi-alay-pasang-lampu-sorot-buat-rem

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke