Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pria Asal Sukoharjo Sulap Mitsubshi Galant Eterna Jadi Lamborghini

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Modifikasi memang suatu hal yang sering dilakukan oleh pecinta otomotif. Baik modifikasi ringan seperti menambah atau mengganti asesori aftermarket, sampai yang ekstrim dengan merubah bentuknya.

Seperti yang dilakukan oleh Arjo Purwanto, warga Jati Kidul, Bugel, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah yang mengubah Mitsubishi Galant Eterna 1990 menjadi Lamborghini Aventador SVJ.

"Saya hanya belajar otodidak, melihat dari Youtube dan pengen membuat yang seperti itu, pokoknya modal nekat aja," Kata Arjo kepada kompas.com, Jumat (2/4/2021).

Pengerjaan modifikasi ini sudah dilakukan sejak Januari 2021. Awalnya pembuatan replika Lamborghini dikerjakan dengan anaknya, namun karena anaknya dapat panggilan kerja, Arjo mengerjakannya sendiri.

"Awal dari kendaraan ini Mitusbishi Galant Eterna, saya masih pakai kaki-kaki sama mesin bawaannya. Untuk pembuatan body saya kerjakan sendiri, semuanya manual pakai tangan," ucap Arjo.

Sudah selama tiga bulan pengerjaan, proyek ini sudah rampung 40 persen. Bagian bodi sudah terbentuk sedangkan untuk interior masih menunggu untuk proses pengerjaan.

Pengerjaan bagian bodi mobil dibuat dengan menggunakan plat besi yang dibentuk menyerupai Lamborghini Aventador SVJ aslinya. Sedangkan untuk bagian lampu, Arjo berencana untuk membuat dudukan sendiri dan membuiat bagian lampu dengan bahan akrilik. 

Untuk modifikasi ekstrim ini pria yang sehari-hari bekerja sebagai makelar mobil pikup dan bengkel ini mengaku sudah habis 35 juta rupiah. Rencananya proyek yang dibangunnya akan diselesaikan dalam empat atau lima bulan ke depan.

Pada saat pembuatan Arjo mengaku kesulitan, karena pada dasarnya semua yang dilakukannya hanya bermodal nonton video dari Youtube dan dipelajari secara otodidak.

Awalnya Arjo menyuruh anaknya untuk mencarikan dimensi dan model Lamborghini di internet. Sebagai patokan, miniatur Lamborghini juga dibeli agar bentuk yang diinginkan sesuai dengan aslinya.

"Kedepannya kalau sudah jadi dan ada yang berminat untuk membeli ya silahkan, kalau mau dibikinkan saya juga boleh. Tapi lihat dulu nanti jadinya kaya gimana, kelayakannya juga seperti apa nanti biar jadi dulu," ujar Arjo.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/02/120100915/pria-asal-sukoharjo-sulap-mitsubshi-galant-eterna-jadi-lamborghini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke