Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tempuh 302 Km, Seberapa Irit Konsumsi BBM Honda CR-V Facelift

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengusung mesin yang sama dengan versi sebelumnya, Honda CR-V facelift 1.5L Turbo Prestige, memberikan sensasi performa yang tak jauh berbeda. Begitu juga dari handling serta kenyamanan yang dihadirkan.

Namun demikian, tetap ada kenikmatan baru saat mengendarainya, apalagi CR-V kini sudah ditunjang dengan fitur keselamatan pintar dalam rangkaian teknologi Honda Sensing.

Hal ini dibuktikan saat pengujian redaksi beberapa waktu lalu. Fitur-fitur layaknya asisten pribadi tersebut, berkerja untuk memudahkan pengendara.

Mulai dari Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departue Mitigation (RDM), serta Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, dan Auto-High Beam.

Tapi memang berdasarkan pengalaman redaksi, fitur tersebut jauh lebih maksimal untuk dinikmati atau digunakan ketika berada di jalan tol.

Selain fitur tersebut, dari sisi konsumsi bahan bakar yang dihadirkan CR-V facelift 1.5L Turbo Prestige ternyata juga tak begitu berbeda dari pengujian pada model sebelumnya.

Manempuh total perjalanan sejauh 302,2 km dengan variasi gaya berkendara santai sampai agresif, serta melintasi jalan perkotaan hingga menikmati lintasan lurus di Tol Jakarta-Cikampek, total konsumsi BBM yang kami dapat dari informasi meter cluster sebesar 12,8 kpl.

Artinya, 1 liter bensin kurang lebih bisa membawa CR-V menempuh perjalanan sejauh 12,8 km. Namun tentu hal tersebut tergantung dengan beragam faktor, baik internal atau eksternal.

Meski tidak mengujinya dengan menggunakan metode full to full, tapi setidaknya hasil ini memberikan sedikit gambaran konsumsi CR-V yang menurut redaksi masih dalam kategori efisien sebagai sebuah SUV.

Bahkan sebelum sempat bertemu kemacetan dan ketika memanfaatkan fitur ACC untuk mendapat kecepatan yang konstan di jalan tol, informasi konsumsinya sempat menunjukkan angka 14,2 kpl.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/31/112200915/tempuh-302-km-seberapa-irit-konsumsi-bbm-honda-cr-v-facelift-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke