Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buat Kaum Mendang-mending, Pilih Mana Almaz RS atau Mazda CX-3 Sport?

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors Indoensia secara resmi meluncurkan Wuling Almaz RS di Tanah Air, Senin (29/3/2021).

SUV asal China ini bisa dibilang sebagai mobil yang paling menarik perhatian di Indonesia lantaran dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi canggih.

Di hari yang sama, PT Eurokats Motor Indonesia (EMI) pemegang merek Mazda juga turut menghadirkan produk baru, yaitu CX-3 Sport 1.5L. Varian ini melengkapi CX-3 2.0L yang sudah hadir sejak 2017.

Baik Almaz RS maupun CX-3 Sport sebetulnya memiliki keunggulan masing-masing dalam hal perfoma, desain, fitur, kenyamanan dan harga. Mari simak komparasinya.

Perfoma

Soal jantung pacu, Wuling Almaz RS masih tetap mesin lama yakni 4 silinder segaris DOHC turbocharge 1.5 liter.

Menghasilkan tenaga 138 Tk pada tarikan 3.500 rpm dan torsi puncak 250 Nm di rentang 1600 – 3600 rp. Disalurkan oleh transmisi CVT 8-speed atau manual 6 percepatan ke roda depan.

Sementara CX-3 Sport menggunakan mesin dengan kapasitas lebih kecil dari sebelumnya, yakni unit 1.496 cc 4 silinder segaris, dengan tenaga 109 Tk adan torsi maksimal 144 Nm.

Tenaga ini disalurkan ke dua roda depannya melalui transmisi otomatis 6 percepatan Skyactiv-Drive.

Eksterior

Dimensi Almaz RS memiliki ukuran panjang mencapai 4.655 mm, lebar 1.845 mm, dan tinggi 1.760 mm.

Desain SUV Wuling ini terlihat lebih sporty berkat sentuhan baru dengan futuristic grille dengan tambahan list merah pada bumper.

Terdapat juga lip spoiler pada bumper depan yang diberikan nuansa carbon fiber dan sensor radar untuk sistem WISE.

Grille Almaz RS juga dilengkapi dengan emblem Wuling Chrome dan emblem RS, berbeda dengan Almaz biasa.

Kemudian pada bagian body, Almaz RS sudah mengusung aksen two-tone yang berbeda dari Almaz biasa. SUV China ini dibekali pelek 17 inci styling two-tone guna menambah kesan sporty pada tampilannya.

Adapun dimensi New Mazda CX-3 Sport 1.5 L sedikit memiliki ukuran yang lebih kecil yakni, 4.275 mm P x 1.765 mm L x 1.535 mm T.

New Mazda CX-3 Sport 1.5 L ini tetap menyuguhkan desain yang sporty dan dinamis khas Mazda. Mobil ini juga mendapat pilihan warna eksterior baru yaitu Polymetal Grey.

Tidak hanya itu, untuk memperkuat kesan sporty pada pelek 18 inci yang digunakan juga akan hadir dengan warna Gunmetal yang unik.

Penggunaan font baru pada badge dan juga model kunci terbaru yang dikenal dengan 7-G Key Fob juga diterapkan pada New Mazda CX-3 Sport 1.5 L.

Interior

Masuk ke pembahasan interior, Wuling Almaz RS dibekali dengan jok berbalut bahan semi-leather, dilengkapi dengan bahan kulit asli yang melekat di lingkar kemudi.

Paling menarik adalah layar besar yang berdiri di konsol utama dasbor. Layar sentuh 10,4 inci ini adalah pusat hiburan dan informasi untuk konsumen. Sistem infotaimen tersebut sudah bisa terkoneksi dengan ponsel pintar.

Selain mendengarkan musik atau menonton video, layar besar ini juga bisa mengatur suhu pada fitur pengkondisian udara (Air Conditioner/AC).

Pada interior New Mazda CX-3 tipe Sport 1.5 L, mendapatkan paduan bahan kulit sinstetis dan fabric yang membuatnya tampil lebih sporty.

Selain itu, pada mobil CX-3 Sport juga mendapat teknologi kursi 7-G Mazda terbaru, di mana strukturnya mampu menopang tubuh pengemudi dan penumpang dengan lebih baik untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.

Fitur

Bicara soal fitur, Almaz RS ini memiliki teknologi yang jauh lebih unggul dibanding kompetitor di kelasnya.

SUV flagship Almaz ini sudah menyematkan teknologi mutakhir yang diberi nama WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem).

Teknologi WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

IoV dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ dan head unit yang didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

Mulai dari menyalakan mesin Almaz dari ponsel, mengaktifkan pendingin kabin alias AC, hingga menutup dan membuka jendela.

Tidak hanya itu, pemilik mobil juga bisa menghidupkan mesinnya dari jarak jauh dan memonitoring posisi terkini mobil sehingga aman dari pencurian.

ADAS pun hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan selama berkendara bersama Almaz RS yang terbagi dalam empat kategori, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light.

Perihal fitur pendukung lainnya, Almaz RS diakomodasi oleh panoramic sunroof, start-stop button, 360o Camera, Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Vehicle Holding (AVH).

Selanjutnya tersedia juga Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Pada Mazda CX-3 Sport juga disematkan beberapa fitur canggih seperti Cruise Control, Engine start/stop button, adjustable headrest, dan keyless entry.

Fitur terbaru seperti kemampuan koneksi nirkabel dengan Android Auto dan Apple CarPlay serta Head-Up display juga sudah disematkan pada mobil ini.

Mazda juga mengusung sejumlah fitur keselamatan canggih seperti Blind Spot Monitoring, yaitu sebuah fitur yang memberikan peringatan kepada pengendara mengenai titik blind spot saat di jalan.

Hadir juga fitur Parking Sensor yang memudahkan pengendara pada saat akan parkir.

Mazda 1,5L Sport dilengkapi fitur airbag untuk pengemudi dan penumpang. Total terdapat enam buah airbag yang terpasang di seluruh mobil, sehingga memberikan keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Harga

Untuk Almaz RS tipe Exclusive 5 seats dibanderol dengan harga Rp 355,8 juta, sementara untuk tipe Exclusive 7 seats dibanderol Rp 365,8 juta dan Rp 370,8 juta untuk Almaz RS Pro 7-seats.

Namun Wuling Almaz RS mendapatkan diskon PPnBM sehingga harganya menjadi 340,8 juta untuk Almaz RS Exclusive 5-seats, Rp 350,3 juta untuk Exclusive 7-seats dan Pro 7-seats dipatok Rp 354,8 juta.

Sedangkan untuk Mazda CX-3 Sport 1.5L dibanderol dengan harga Rp 339,9 juta, sedangkan untuk varian CX-3 Pro 2.0L dibanderol dengan harga Rp 454,4 juta.

Kesimpulan

Melihat dari segi perfoma serta kelengkapan fitur dan kecanggihan teknologi, Wuling Almaz RS menang telak dari Mazda CX-3 Sport 1.5L.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/30/142345415/buat-kaum-mendang-mending-pilih-mana-almaz-rs-atau-mazda-cx-3-sport

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke