Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siapa yang Lebih Butuh GPS Saat Mengemudi, Pria atau Wanita?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit yang memiliki anggapan bahwa kaum hawa memiliki perbedaan karakter berkendara dibandingkan dengan pria, salah satunya adalah perbedaan dalam kemampuan navigasi spasial.

Hal ini diungkapkan oleh Training Direction The Real Driving Center Marcell Kurniawan yang mengatakan, bahwa ada fitur tambahan yang wajib ada di dalam mobil wanita, yaitu Global Positioning System (GPS).

Peta digital penunjuk arah ini digunakan agar pengemudi bisa terbantu untuk mencapai lokasi tujuan tanpa harus tersesat.

“Penelitian di Norwegian University of Science and Technology juga seudah membuktikan bahwa kemampuan spasial laki-laki lebih baik daripada wanita. Otak laki-laki dan wanita berbeda, mungkin hasil evolusi dari zaman pra sejarah dimana laki-laki sebagai hunter dan wanita sebagai gatherer,” ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Penyebab lainnya menurut Marcell adalah, hormon testoteron yang ada pada laki-laki membuatnya lebih adaptif dibandingkan dengan wanita.

“Sebagian besar testosteron yang diproduksi dalam testis dan kelenjar adrenal. Hal ini berhubungan dengan kemampuan navigasi tersebut yang lebih baik dibandingkan wanita. Jadi GPS menjadi salah satu fitur penting untuk pengemudi wanita,” kata Marcell.

Kendati demikian, Marcell mengingatkan bagi perempuan yang menggunakan fitur GPS sebaiknya tidak meletakan ponsel pada kaca mobil karena akan mengganggu pandangan.

“Lebih baik taruh di dasbor, lebih aman. Dan saat menggunakan GPS pastikan lebih mengandalkan perintah suara dari pada sering melihat ke layar ponsel,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/28/150100615/siapa-yang-lebih-butuh-gps-saat-mengemudi-pria-atau-wanita-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke