Salin Artikel

Interior Toyota Sienta Welcab, Ramah Disabilitas

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada bulan Agustus 2020 lalu, Toyota Sienta mendapatkan penyegaran yang cukup mencolok dibandingkan versi sebelumnya, yakni pemasangan kursi welcab di kabin.

Bisa dibilang kursi merupakan keunggulan utama dari Sienta Welcab ini. Sebab, jika berbicara interior, mobil ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan tipe V, karena pada dasarnya memang menggunakan basis tersebut.

Pembedanya hanya stiker difable pada kaca bagian depan dan belakang mobil.

Edisi Toyota Sienta Welcab ini, interiornya memang sengaja diperuntukkan untuk mempermudah penumpang dengan status difabel.

Sehingga penumpang dapat dengan sendirinya mengatur kursi sebelah kiri keluar masuk melalui remote.

Sebagai informasi saja, jika terjual sebagai aksesoris, kursi Welcab ini punya rentang harga sekitar Rp 100 jutaan tergantung dari mobil apa yang dijadikan basis.

Sementara, dari segi layout interior Sienta cukup menonjolkan unsur kepraktisan. Seperti contoh glove box yang ada dua buah terletak di depan, lalu ada coin tray di depan tuas transmisi, dan dua buah cup holder yang sanggup menggenggam botol minum 1,5 liter.

Kompartemen ini tentu sangat berguna, terutama bagi pengemudi wanita yang memiliki beragam kebutuhan.

Sayangnya, bahan dasbor Toyota Sienta masih full plastik keras dengan motif jahitan palsu yang mengurangi aura kemewahan. Hanya saja pada bagian kemudi sudah disematkan jahitan asli berwarna oranye.

Layar Multi Information Display (MID) pada Toyota Sienta Welcab 2020 ini juga cukup lengkap. Karena mampu memberikan informasi mengenai konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, sisa jarak tempuh yang dapat dilalui berdasarkan kalkulasi jumlah BBM di tangki, jam digital, odometer, dan juga tripmeter A dan tripmeter B.

Namun, karena masih menggunakan basis Sienta tipe V maka font yang digunakan mirip kalkulator jaman dulu dan tidak full colour seperti MID Toyota Sienta tipe Q.

Menariknya, Sienta Welcab ini sudah ilengkapi dengan fitur pembersih udara atau Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang berfungsi untuk membersihkan udara di dalam kabin yang menghasilkan ion negatif sehingga kualitas udara di dalam kabin meningkat.

Fitur ini juga dilengkapi dengan intelligence air quality control untuk menunjukkan kondisi kualitas udara di dalam kabin. 

Sektor bagasi juga jadi pembeda antara Sienta biasa dengan versi Welcab. Pada Sienta biasa terdapat 7-seat, sementara pada Toyota Sienta Welcab ini hanya ada lima tempat duduk. Toyota sengaja menghilangkan kursi paling belakang sebelah kiri dengan alasan untuk meletakkan kursi roda.

Soal harga, Sienta Wecab dibanderol mula Rp 362,7 juta sampai Rp 380,4 juta untuk tipe V CVT.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/28/114100715/interior-toyota-sienta-welcab-ramah-disabilitas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.