Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memilih Air Aki yang Tepat, Jangan Sampai Salah Isi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komponen penghasil listrik pada kendaraan, yaitu aki (accu) basah memerlukan perawatan rutin. Perlu diisi hingga batas normal jika air aki di dalamnya sudah berkurang.

Namun, tak sedikit pemilik motor atau mobil yang paham, memilih air aki mana yang dibutuhkan. Sebab, air aki sendiri terdapat dua jenis yang beredar di pasar.

Umumnya, air aki pada dibedakan dari warna botol atau tutup botolnya. Ada yang berwarna merah dan biru, masing-masing memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda.

Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, untuk yang berwarna merah dikenal dengan aki zuur. Cairan tersebut adalah H2SO4 atau asam sulfat.

“Ini untuk mengisi aki baru yang kosong belum ada airnya,” ujar Iwan, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk yang berwarna biru, berisi H20 atau air murni. Cairan ini yang digunakan untuk mengisi air aki yang sudah berkurang.

“Jangan menambahkan air aki pakai botol merah (aki zuur), nanti kadar H2SO4-nya jadi naik dan akan menurunkan performa aki itu sendiri,” kata Iwan.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengisi air aki? Menurut Iwan, tidak ada aturan bakunya, yang terpenting adalah mengecek kondisi aki secara rutin.

"Saat mengisi air aki, yang penting pastikan kondisi mesin sedang tidak menyala," ujar Iwan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/27/102200515/memilih-air-aki-yang-tepat-jangan-sampai-salah-isi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke