Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Efek Jika Motor Manual Pakai Oli Mesin buat Matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor membutuhkan pelumas atau oli di ruang mesin. Oli pun dibuat dengan spesifikasi yang berbeda disesuaikan jenis motornya.

Oli buat motor manual direkomendasikan memakai oli dengan kode JASO MA, sedangkan untuk motor matik menggunakan JASO MB.

Brahma Putra Mahayan, Jr Technical Specialist Pertamina Lubricants, mengatakan, perbedaan oli JASO MA dan JASO MB terletak pada tingkat kelicinan pelumas itu sendiri.

"JASO spek motor 4-tak terbagi dua, JASO MA dan JASO MB. Kode MA ialah pelumas yang tidak terlalu lincin, tapi MB licin," katanya dalam Pertamina Lubricants Workshop belum lama ini.

JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standart Association. Merupakan lembaga di Jepang yang mengecek standar kualitas oli.

"Kenapa JASO menetapkan ini, karena yang banyak mengeluarkan motor tipe ini ialah Jepang," kata Brahma.

Lantas bisakah motor manual yaitu JASO MA memakai oli motor matik dengan spesifikasi JASO MB?

Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong, Mamal Syahrudin mengatakan motor manual sebaiknya tidak menggunakan oli motor matik sebab bisa menimbulkan selip kopling.

“Hal ini lantaran pelumas oli mesin motor matik lebih dikhususkan kepada kinerja dari mesin," ujar Mamal kepada Kompas.com belum lama ini.

Sebaliknya, kata dia, oli mesin manual bisa dipakai ke mesin motor matik.

Alasannya kebanyakan motor matik menggunakan kopling kering yang di mana tugas dari oli hanya untuk memberikan perlindungan internal terhadap mesin saja.

“Jadi bukan menjadi masalah jika oli manual dipakai untuk motor matik,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/26/142100815/efek-jika-motor-manual-pakai-oli-mesin-buat-matik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke