Salin Artikel

Bukan Cuma Buat Kebut-kebutan, Ini Alasan Orang Ganti Knalpot

Indra Wijaya Manager Marketing PT Weerex Jaya Sukses, produsen knalpot lokal merek WRX Exhaust, mengatakan, banyak alasan orang sering mengganti knalpot standar pabrik.

"Konsumen saat beli sepeda motor dia pasti langsung ganti knalpot," kata Indra yang dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Penggantian knalpot disebut tak semata untuk mengejar performa dan kebut-kebutan. Indra mengatakan, tujuan lain orang membeli knalpot karena knalpot aslinya disimpan.

"Knalpot yang asli dia simpan dengan catatan saat motornya dijual knalpot aslinya masih utuh. Sedangkan nalpot asli kena hujan berkarat bisa berlubang atau patah," katanya.

Di sisi lain, kepolisian akan terus melakukan penindakan para pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot bising dan dianggap mengganggu kenyamanan.

"Sebenarnya produk knalpot ini bukan produk yang dilarang. Produk untuk knalpot juga tidak ada aturan Standar Nasional Indonesia (SNI). Memang tidak ada," kata Indra.

Adapun Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, gencarnya razia yang dilakukan belakangan ini mulai membuahkan hasil positif.

“Sekarang bengkel terkait banyak yang didatangi masyarakat untuk kemudian mengembalikan spek knalpotnya dari bising menjadi standar,” katanya dalam keterangan resmi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/25/180100915/bukan-cuma-buat-kebut-kebutan-ini-alasan-orang-ganti-knalpot

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.