Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yard Built, Referensi Motor Custom Yamaha XSR 155

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan motor custom di Indonesia sudah dilirik para produsen sepeda motor. Salah satunya Yamaha yang sudah merilis XSR 155 yang bergaya retro modern.

Untuk itu, digelarlah Yard Built Indonesia untuk memberikan referensi pada para konsumen XSR 155. Yard Built sendiri sudah sukses berkiprah di negara-negara Eropa, Amerika dan beberapa negara lainnya.

Sudah terbukti sukses melahirkan beragam motor custom Yamaha di segmen sport heritage. Bahkan, Yard Built dinilai mampu menjadi inspirasi serta barometer motor custom berkualitas dengan tetap mempertahankan aspek safety riding dan street legal.

Yard Built Indonesia juga dinilai menjadi acuan terkini modifikasi keren yang kreasinya dibuat oleh custom builder profesional. Ide-ide kreatif para custom builder Indonesia ini dituangkan pada motor XSR 155.

Di tahun 2020, Yard Built Indonesia telah menggandeng empat builder kenamaan dari Jabodetabek yaitu Andi Akbar (Atenk) dari Katros Garage, Donny Ariyanto (Studio Motor), Rizqi Pratama (Lemb Inc.) dan Erwan Sudiarto (32 Kustoms).

Di 2021 ini, Yard Built Indonesia kembali berkolaborasi dengan 4 builder yang kali ini dari wilayah Bandung yakni Purnama Sultan (Glanets Radical Kustom), Chandra (Pickers Store), Franky Mory (Yasashii Garage), dan Susanto Gunawan (Speedking Garage).

Berikut ini deretan XSR 155 yang tergabung dalam Yard Built Indonesia:

XSR 155 "Reborn Café Racer” (Glanets Radical Kustom) @glanetsradicalkustom

Menurutnya, Yard Built seharusnya diadakan di setiap kota. Sebab, jadi wadah bagi para builder di Indonesia bisa berkarya dan sangat menginspirasi semua orang.

Terdapat banyak perubahan pada custom garapan Purnama Sultan dari Glanets Radical Kustom ini seperti pengaplikasian fairing dengan bahan plat galvanis dengan ketebalan 1,5 mm, setang underyoke, serta jok dengan model hornet seat.

XSR 155 "Overlander” (Pickers Store) @pickerstore

Chandra menambahkan, dirinya berharap Yard Built tetap jalan dan bisa menjadikan ajang kreativitas buat builder lokal yang tidak hanya fokus pada tampilan yang keren tapi tetap mengedepankan fungsional.

Perubahan yang dilakukan Chandra dari Pickers Store terlihat pada pengaplikasian pelat galvanis, setang fatbar, ban dual purpose, dan penyematan motobag pada motornya untuk mempertegas karakter adventure pada custom XSR 155.

XSR 155 "Futuristic Scrambler” (Yasashii Garage) @yasashiigarage

Penggunaan short fender, body motor berbahan aluminium dengan ketebalan 3 mm yang menganut model uni body serta pengaplikasian model floathing suspension, memberikan identitas “Futuristic Scrambler” yang kuat pada custom garapan Yasashii Garage.

XSR 155 "Flat Tracker” Speedking Garage @speedking_232

Modifikasinya tampak pada knalpot dengan model up swept, penggunaan side plate dan ban dual purpose dengan pelek jari-jari.

Beberapa parts tersebut diaplikasikan oleh Speedking Garage untuk memberikan karakter “Flat Tracker” pada XSR 155. Body custom menggunakan bahan dengan material carbon fiber yang mendukung aktivitas flat track.

Untuk informasi selanjutnya mengenai Yard Built Indonesia dan mengetahui lebih jauh referensi custom XSR 155, konsumen dapat menyimaknya di Instagram @yardbuiltindonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/25/142100615/yard-built-referensi-motor-custom-yamaha-xsr-155

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke