Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Mobil Matik Bisa Didorong Saat Parkir Paralel

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir paralel merupakan suatu kondisi yang kerap kali ditemui oleh para pengendara di situasi tertentu, seperti area parkir pusat perbelanjaan yang sedang penuh.

Hal tersebut dilakukan supaya posisi parkir tetap ideal sekaligus tidak menghalangi kendaraan lain. Tetapi, bagi pengguna mobil bertransmisi otomatis, metode ini cukup membingungkan.

Sebab, mobil tidak boleh menggunakan rem parkir supaya petugas bisa mendorong kendaraan terkait bila diperlukan. Sementara mobil otomatis tidak akan bisa didorong selama tuas transmisi berada di posisi P (Parking).

Sebaliknya, bila tetap memasang tuas di posisi N atau netral, kunci mobil tidak bisa dicabut karena dianggap melanggar sistem dan menimbulkan bahaya.

Dipaparkan Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, parkir paralel menggunakan mobil matik ada tekniknya dan berbeda dengan mobil manual.

"Rahasianya, tekan tombol shift lock. Fitur itu dihadirkan tujuannya agar mobil bisa diparkir paralel dengan aman," ujarnya kepada Kompas.com.

Tombol shift lock sendiri biasanya terletak di dekat tuas transmisi, yang memiliki fungsi agar transmisi mobil bisa dipindahkan dari P ke N.

"Kalau shift lock-nya dipencet mobil bisa ke posisi netral. Tapi kalau tidak dipencet akan tetap terus di P. Jadi susah untuk didorong," tambah dia.

Hal serupa juga dikatakan pemilik Wonder Matic Hermas Prabowo belum lama ini. Jika mobil dipaksakan untuk parkir tanpa menekan shift lock, bisa-bisa ada komponen yang rusak.

“Kalau tanpa tombol shift lock, tuas tidak akan bisa langsung dipindah ke posisi N dari posisi P. Jika tuas di pindah ke posisi N pun saat parkir, untuk mobil matik tidak akan bisa cabut kunci. Karena tuas harus berada pada posisi P,” ucapnya.

Hermas mengingatkan, apabila tuas transmisi sudah di posisi N, maka jangan menarik tuas rem tangan (rem parkir).

"Akan sia-sia karena roda mobil kembali terkunci sehingga tidak bisa di dorong," jelas Hermas.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/25/130914015/begini-cara-mobil-matik-bisa-didorong-saat-parkir-paralel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke