Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Syarat Mutasi Kendaraan Atas Nama Perusahaan ke Pribadi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara mendapatkan mobil seken berharga murah adalah dengan membeli unit operasional bekas perusahaan.

Biasanya mobil ini adalah mobil dinas yang dilelang dengan banderol terjangkau. Pilihannya tentu beragam, mulai dari mobil di segmen Low MPV hingga sedan mewah.

Mobil bekas perusahaan mungkin terkenal sudah capek alias banyak odometernya. Namun dengan sedikit penyegaran, mobil ini layak dimiliki karena berharga murah.

Jika sudah mendapatkan unit yang diincar, Anda harus melakukan proses balik nama surat-surat kendaraan agar legalitasnya tetap terjaga.

Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Martinus Aditya, mengatakan, ada sedikit perbedaan saat melakukan balik nama kendaraan roda dua atau empat milik perusahaan ke pribadi.

“Syarat umum seperti BPKB, STNK, KTP pemilk baru, kwitansi jual beli dan materai Rp 6.000 sudah pasti ada,” ujar Martinus, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Selain itu harus ada surat pelepasan hak dari perusahaan yang memiliki kendaraan, fotokopi tanda daftar perusahaan, dan KTP pemilik perusahaan,” katanya.

Martinus juga mengatakan, pelayanan balik nama surat-surat kendaraan tidak lama dan akan dilayani segera, asalkan syaratnya lengkap.

Berikut ini syarat mutasi kendaraan atas nama perusahaan ke pribadi:

1. BPKP asli
2. Bukti surat jual beli,
3. Kwitansi,
4. STNK serta melengkapi dengan surat pelepasan hak dari perusahaan yang memiliki kendaraan.
5. Fotokopi KTP pemilik yang baru
6. Fotokopi tanda daftar perusahaan
7. KTP pemilik perusahaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/19/120200115/ini-syarat-mutasi-kendaraan-atas-nama-perusahaan-ke-pribadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke