Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuek dengan Perawatan Radiator Sepeda Motor, Siap-siap Mesin Jebol

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak dari sepeda motor zaman sekarang yang semakin lengkap spesifikasinya. Salah satunya dibekali dengan sistem pendingin cairan atau radiator.

Penggunaan radiator ini tak terbatas hanya pada motor sport saja, tapi di beberapa skuter matik (skutik) pun sekarang sudah mengaplikasikannya.

Dengan adanya radiator, dapat mencegah terjadinya overheat pada mesin. Sehingga, performa mesin akan tetap bekerja secara optimal.

Jika mesin mengalami overheat, performanya tidak hanya bisa menurun, tapi berpotensi juga jebol hingga terjadi mogok.

Sayangnya, tak semua pemilik motor memahami dampak tersebut dan abai dalam melakukan perawatan pada radiator.

Padahal, sama seperti cairan lainnya pada motor, perlu dilakukan pergantian secara berkala.

"Jika radiator mengalami kerusakan, tidak hanya akan overheat saja yang terjadi," ujar Ade Rohman, Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Ade menambahkan, dampak lain yang yang ditimbulkan, yaitu kerusakan pada Cylinder Comp atau pun bagian lainnya. Oleh karena itu, kondisi radiator ini harus dijaga agar tetap awet dan bisa berfungsi secara optimal.

"Periksa secara rutin ketinggian permukaan air coolant di dalam tabung reservoir. Ketinggian air coolant di dalam reservoir harus selalu berada di antara garis upper dan lower," kata Ade.

Ade mengatakan, jika kapasitas air coolant di dalam reservoir tank kurang dari standar, tambahkan cairan khusus air coolant sampai ke batas garis upper.

Tapi, perhatikan juga saat memeriksanya harus dalam keadaan suhu mesin masih dingin. Selain itu, motor juga harus diposisikan tegak dengan standar tengah.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/18/182100315/cuek-dengan-perawatan-radiator-sepeda-motor-siap-siap-mesin-jebol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke