Salin Artikel

Royal Enfield Continental GT Street Tracker, Siap Diajak Balap

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap sering kali dijadikan acuan untuk memodifikasi motor. Apalagi, motor balap era '80-an di Amerika.

Tampilannya yang klasik dan sporty membuat gayanya sering kali dijadikan motor custom. Contohnya, Royal Enfield Continental GT 650 garapan Crazy Garage dari Korea Selatan.

Continental GT 650 dengan gaya street tracker ini disebutkan terinspirasi dari ajang balap AMA Superbike, tapi dibuat menjadi naked alih-alih menggunakan full fairing.

Kim Chi-Hyun, builder Crazy Garage, memang terkenal andal membuat motor custom dan motor balap. Untuk motor buatannya ini, Kim juga berencana untuk mengendarainya di Korea International Circuit, di ajang balap Retro Racer Trophy.

"Tugasnya sederhana, membangun motor custom yang unik dengan gaya Anda, mempertahankan DNA dari Continental GT, dan siap membawanya ke trek," ujar Aditya Malaker, bagian dari tim custom Royal Enfield, dikutip dari Visordown.com, Kamis (18/3/2021).

Aditya menambahkan, pihak Royal Enfield mencari builder yang khas di tiap negara, dan Crazy Garage jadi pilihannya. Kim pun mengambil kesempatan tersebut dan lahirlah motor ini yang diberi nama "GT 650 RS".

Kim mengungkapkan, dari proses pembuatan GT 650 RS, bagian favoritnya adalah tangki bensinnya yang berukuran 9 liter yang dipindahkan ke bagian bawah tempat duduk. Sedangkan posisi awal tangkinya, dijadikan tempat untuk fuel meter.

Di bagian mesin, Kim menyematkan komponen dari S&S Cycle, seperti piston dengan kompresi tinggi, hot cam, pelar kopling heavy duty, dan Dynojet Power Commander untuk tuning. Rasio kompresi meningkat dari 9,5:1 menjadi 11:1.

Knalpotnya dibuat secara custom mengandalkan model GP dan free flow. Disematkan juga quickshiter dari Dynojet dan saklar untuk mengatur peta pengapian lebih mudah, serta banyak komponen aftermarket lainnya untuk mendongkrak performa.

Crazy Garage juga mengganti swingarm dengan model single-sided, copotan dari Honda VFR400R. Sedangkan pada suspensi depannya, diaplikasikan sokbreker upside down Ohlins dan monoshock TTX.

Crazy Garage juga menggunakan segitiga dari Ducati dan rem Brembo lengkap dengan corong untuk meningkatkan pendinginan. Bagian panel meter tentunya dibuat minimalis, bahkan cenderung bersih.

Motor custom hasil kolaborasi Royal Enfield dan Crazy Garage ini tak hanya keren, tapi juga siap diajak balapan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/18/163100115/royal-enfield-continental-gt-street-tracker-siap-diajak-balap

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.