Salin Artikel

Honda C70 Diubah Jadi Motor Listrik, Semua Dibuat di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik mulai semakin terlihat perkembangannya. Bukan hanya yang diproduksi oleh pabrikan, tapi juga hasil konversi buatan pribadi.

Salah satunya adalah Honda C70 yang dikonversi jadi motor listrik oleh David Budiatmaja. Pria yang bekerja di bidang produksi video ini menyempatkan waktunya untuk membangun motor listrik.

David mengatakan, proses pembuatan motor listriknya ini sepenuhnya home build alias dibuat di rumah. Tak terkecuali proses pengelasan dan pembuatan baterai.

"Alat las spot welding battery saya buat sendiri dari trafo microwave. Saya pakai 18650 dari bekas baterai laptop dan kamera," ujar David, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

David menambahkan, C70 elektrik buatannya ini mampu menempuh jarak maksimum hingga 50 km sampai 60 km dalam sekali pengisian penuh.

Sementara untuk kecepatan penuh alias top speed, diklaim David bisa tembus antara 60 km/jam sampai 70 km/jam.

Sama seperti motor listrik lainnya, David pun menyematkan mode berkendara dan mode mundur juga.

"Saya pakai hub motor 2000w 72v, dengan votol controller em100. Baterai ditempatkan di tiga kompartemen. 10S12P dua unit dan 20S9P satu unit, yang terhubung di setiap paralel cell group-nya," kata David.

Kompartemen yang digunakan merupakan cartridge box alias bekas kotak peluru. Motor listriknya ini memang dibuat dengan konsep army look.

"Saya memang hobi hal-hal military. Tapi, yang pertama menginspirasi saya adalah Shanghai Customs. Tapi, harganya mahal banget. Makanya, saya putuskan untuk membangun sendiri," ujar David.

Pria yang memiliki basis pendidikan industrial engineering ini, mengatakan, kebetulan dirinya juga suka dengan motor custom bergaya street cub.

Tak heran bila akhirnya David menjatuhkan pilihan pada Honda C70 sebagai basis dari rancang bangun modifikasnya tersebut.

"Selain itu, rangka rongsoknya masih banyak, karena dulu C70 itu motor sejuta umat," kata David.

Alasan tersebut memang kerap menjadi salah satu dasar kenapa sampai saat ini, demam motor-motor lawas di Indonesia seakan terus berkembanga. Bahkan penggemarnya juga cukup rata, dari generasi muda sampai tua.

Untuk total waktu pengerjaannya, David membeberkan, dirinya butuh delapan bulan. Sebab, dia juga mengaku baru pertama kali membangun motor.

Tapi hal itu cukup wajar, karena selain tingkat kesulitan yang ditemui, tentu tak mudah melakukan konversi dari mesin konvensional dan kelistrik. Belum lagi dengan proses mencari suku cadang dan lain sebagainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/17/124100215/honda-c70-diubah-jadi-motor-listrik-semua-dibuat-di-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.